Cak Imin: Pengganti Azwar Anas Kewenangan Megawati

PDIP saat deklarasi dukungan untuk pasagan Gus Ipul - Azwar Anas dalam pertarungan Pilkada Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, menyatakan persoalan mundurnya Abdullah Azwar Anas sebagai calon gubernur Jawa Timur diserahkan sepenuhnya kepada PDI Perjuangan. Dia mengatakan masih menunggu keputusan PDIP terkait pengganti Azwar untuk Pilkada Jatim 2018.

PDIP merupakan mitra koalisi PKB, yang mengusung Saifullah Yusuf sebagai calon gubernur. "Posisi kita Pak Saifullah Yusuf, cagub dari PKB. Maka, soal wakil gubernur kita serahkan sepenuhnya menjadi hak PDIP. Kita tunggu saja PDIP seperti apa," kata politikus yang akrab disapa Cak Imin itu di kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat 5 Januari 2018.

Cak Imin mengungkapkan dirinya juga sudah bertemu dengan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri. Selain Mega, ia juga bertemu dengan kiai di Jawa Timur.

"Yang penting, kemarin kita sudah bertemu Bu Mega. Saya juga kemarin sudah bertemu para kiai, kebersamaan PKB dan PDIP di Jawa Timur akan tetap dan akan terus berkonsolidasi," paparnya.

Terkait kemungkinan pengganti Azwar Anas yang akan di usung, lagi-lagi Cak Imin menyerahkan semua pada internal PDIP.

"Saya tak boleh beropini. Itu merupakan kewenangan Bu Mega dan PDIP. Itu menjadi hak pribadi (Anas) dan kewenangan ada di partai pengusungnya," tuturnya.

Cak Imin menegaskan siapa pun nanti yang di usung PDIP akan menjadi wakil gubernur mendampingi Gus Ipul. Bukan terbalik yaitu justru menjadi calon gubernur.

"Kita tunggu saja, dari Teuku Umar atau Diponegoro, nanti kalau sudah matang di PDIP, pasti kita akan adakan pertemuan.," tuturnya. (ren)