CEK FAKTA: Sandi Sebut Karya-karya Anak Bangsa Mendunia

Debat Ketiga Cawapres Pilpres 2019, Sandiaga Uno.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Calon wakil presiden Sandiaga Uno menjelaskan perihal besarnya potensi sumber daya manusia termasuk dalam hal bakat yang karyanya sudah diakui di luar negeri. Dalam acara ‘Debat Cawapres’ di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu, 17 Maret 2019, dia menyebut bahwa karya-karya anak bangsa tak sedikit yang moncer hingga internasional.

"Kita bisa melihat bagaimana karya-karya terbaik anak-anak bangsa kita sudah mendunia, tinggal sekarang kita mengkolaborasikannya," kata Sandiaga di segmen tiga debat ketiga Pilpres 2019.

Benarkah demikian?

Memang dalam 10 tahun terakhir, karya-karya anak bangsa makin dikenal di dunia, baik dalam hal karya seni, budaya, produk ekonomi hingga produk digital. Tersebut nama desainer Rinaldy Yunardi yang karya-karyanya digunakan para pesohor Hollywood antara lain Nicky Minaj, Ariana Grande hingga Mariah Carey dan belasan selebritas dunia lainnya.

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/gaya/1045244-juni-ada-5-seleb-dunia-pakai-karya-rinaldy-yunardi

Hal itu banyak disorot banyak media massa Indonesia, khususnya bidang lifestyle dan fashion.

Selain itu, game buatan anak bangsa juga pernah disoroti terkenal sampai mancanegara. Antara lain game Dreadout, game Fallen Lagion, game Ultra Space Battle Brawl hingga Battlebox.