Cek Fakta: Benarkah Jokowi Diteriaki Tukang Bohong di Grand Indonesia

Presiden Joko Widodo di Mall Grand Indonesia
Sumber :
  • ANTARA Foto/M Risyal Hidayat

VIVA – Beredar video di media sosial WhatsApp memperlihatkan Presiden Joko Widodo diteriaki warga saat jalan-jalan ke Mal Grand Indonesia pada Sabtu 20 April 2019. Jokowi diteriaki "tukang bohong" oleh warga yang berada di sana. 

Dalam video berdurasi 38 detik berlogo Kompastv itu terlihat calon presiden nomor urut 01 itu dikerubungi massa pengunjung mal dan terdengar teriakan "tukang bohong... tukang bohong.” 

Bagaimana faktanya?  

Berdasarkan penelusuran VIVA video yang beredar tersebut menampilkan informasi bohong atau hoaks. Laporan reporter VIVA di lapangan, saat Jokowi berada di mal Grand Indonesia memang diteriaki oleh pengunjung mal.

Namun ketika Jokowi datang ke mal tersebut, para pengunjung bukan meneriaki "tukang bohong" melainkan meneriaki kata presiden. Ribuan pengunjung mal menyambut Jokowi dengan berteriak "presiden, presiden, presiden."   

Dalam video VIVA terlihat para pengunjung antusias menyambut Jokowi dengan tepuk tangan meriah dan melambaikan tangan ke arah Jokowi yang tengah berjalan-jalan di dalam mal. Banyak warga juga meminta swafoto bersama Jokowi. 

Tonton videonya di sini.