Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 31 Mei 2019 | 07:34 WIB

Apa itu Stres? Mengenal Sejarah Istilah 'Stres' di Psikologi

Team VIVA »
Chinta
wawankurn
Foto :
  • U-Report
Stres | Pexel

VIVA – Secara mendasar, stres adalah respons tubuh terhadap tekanan dari suatu situasi atau peristiwa kehidupan. Apa yang menjadi penyebab munculnya stres dapat sangat bervariasi di setiap orang dan tergantung dengan keadaan sosial dan ekonomi, lingkungan tempat tempat tinggal, serta susunan genetika yang kita miliki.

Beberapa hal umum dari berbagai faktor yang dapat membuat kita merasa stres adalah mengalami sesuatu yang baru atau tidak terduga, sesuatu yang mengancam perasaan Anda, atau saat Anda merasa memiliki sedikit kendali atas suatu situasi.

Baca Juga

Saat kita menghadapi stres, tubuh kita dirangsang untuk menghasilkan hormon stres yang memicu respons ‘flight or fight’ dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini membantu kita merespons dengan cepat terhadap situasi berbahaya.

Kadang-kadang, respons stres ini dapat menjadi reaksi yang tepat, atau bahkan bermanfaat. Perasaan yang dihasilkan dari ‘tekanan’ dapat membantu kita melalui berbagai situasi seperti berlari maraton atau berbicara di depan orang banyak. Pada tingkatan tertentu, stres dengan mudah dapat kita atasi dan membuat kita kembali pada kondisi normal.

Terpopuler

Baca Selengkapnya ...

Topik Terkait
Saksikan Juga
Pemilu Bikin Stres?
TVONE NEWS - 3 bulan lalu