Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 20 September 2019 | 02:14 WIB

5 Kesalahan Mendidik Anak, Nomor 2 Hampir Dilakukan Semua Orangtua

Team VIVA »
Elly Herawati
beritaviraldunia
Foto :
  • U-Report
anak

VIVA – Anak adalah hasil pendidikan orangtuanya. Seringkali pola asuh yang didapatkan orangtua saat dulu menjadi anak terbawa ketika mengasuh anaknya sendiri. Padahal tidak semua pola asuh orangtua zaman dulu itu ternyata baik bagi tumbuh kembang anak. Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan orangtua saat mendidik anak.

1. Sering berbohong hal kecil.

Baca Juga

Tanpa sadar, orangtua sering ‘mengajari’ anak bohong lewat hal-hal kecil. Seperti saat berangkat kerja, “Ayah pergi cuma sebentar kok sayang.” Ternyata sampai malam. Sebaiknya beri pemahaman ke anak seperti dengan mengatakan “Ayah pergi kerja dulu ya sayang, pulangnya nanti sore supaya hari minggu nanti bisa belikan kakak mainan.” Dengan demikian, anak jadi tahu rutinitas orangtuanya tanpa harus dibohongi.

2. Menyalahkan benda mati.

Terpopuler

Sepertinya hampir semua orangtua Indonesia ya melakukannya. Kalau anak tersandung misalnya, “Ubinnya nakal, tuh sudah mama pukul,” Padahal meski terkesan sepele, tapi perilaku seperti ini berdampak pada psikologis anak. Anak jadi terbiasa menyalahkan keadaan. Dan di masa depan nanti, ia akan gampang menyalahkan orang lain.

 

Baca Selengkapnya ...

Topik Terkait
Saksikan Juga
Fakta Yandy Laurens, Sutradara yang 'Anti' Film Horor
SHOWBIZ - 12 jam lalu