Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 16 Oktober 2019 | 14:56 WIB

Menulis Novel Tidak Pernah Selesai, Langkah Ini Akan Menyelamatkanmu

Team VIVA »
Chinta
penuliscabutan
Foto :
  • U-Report
Menulis

VIVA – Menjadi seorang penulis memang nggak semudah apa yang dilihat. Semua orang memang bisa menulis tapi tidak seluruhnya mampu jadi penulis. Apa penyebab utamanya? Tentu dari penguasaan tata bahasa Indonesia itu sendiri dari kata ke kalimat hingga menjadi satu alinea utuh. Well, itu nggak gampang.

Apalagi jika kamu bercita-cita ingin menulis sebuah buku. Jelas tantangannya bakal beda dari cuma nulis artikel blog biasa. Selain konsistensi, kamu juga harus menguasai alur cerita yang akan dibuat. Kalau nggak sih, siap-siap saja bakal tersangkut di tengah jalan sehingga novel bikinan kamu akhirnya nggak pernah selesai.

Baca Juga

Pasti kesal ketika kamu sudah membuat premis dan plot yang menarik, tapi saat mengimplementasikannya ke dalam bentuk tulisan segalanya nggak seindah bayangan awal. Ditambah lagi, writer's block tiba-tiba datang dengan tidak tahu dirinya. Sepuluh gelas kopi pun nggak bikin kamu bisa nulis. Banyak sekali penulis pemula mengalami hal di atas. Sebetulnya itu bukan salah orangnya tapi kekeliruan dalam memulai langkah. Lalu, bagaimana langkah menulis novel supaya bisa cepat rampung?

Baca Selengkapnya ...

Terpopuler
Topik Terkait
Saksikan Juga
Novel Baswedan Batal Ditahan di Bengkulu
BERITA - lewat 3 tahun lalu