ASTAM Bawa Harum Nama Indonesia di Vietnam

ASTAM
Sumber :

VIVA – Nama Indonesia dibawa harum oleh Akademi Sepakbola Tangsel Muda (ASTAM) di Vietnam. Turun di dua kelompok umur, U-12 dan U-9, ASTAM sukses membawa satu wakilnya, U-12 menjadi juara di Asian Pacific Football Tournament. 

Ajang yang dihelat pada 27 dan 28 Juli ini merupakan turnamen dengan sistem kompetisi Round Robin yang diikuti oleh delapan peserta. Performa impresif skuat ASTAM U-12 membawa mereka mencapai puncak dan akhirnya menjadi juara setelah menggulung Malaysia dengan skor 5-0. 

Sedangkan di kategori U-9, ASTAM menjadi juara plate. Sejumlah pemain juga mendapat penghargaan, seperti U-12 best player yang didapat oleh Raffael Gaitsa, dan U-9 Most Valuable Player 2019 yang diraih Raizer Muhammad Delmora. 

Pelatih ASTAM, Andre Picessa mengaku puas atas pencapaian yang didapat oleh skuat asuhnya. Kebanggan lainnya tentu dengan prestasi ini turut membawa harum nama Indonesia di level internasional. 

"Kejuaraan dua kami ikuti yaitu di U-9 dan U-12. U-9 kita menang di plate dan di U-12 kita juara di kompetisinya. Ada juga dua pemain, di U-9 dan U-12 mereka menjadi best player. Kita menghadapi beberapa lawan tangguh, mulai dari Vietnam, Malaysia, Filipina, Thailand dan beberapa tim lainnya," kata Andre kepada wartawan.

"Saya pikir ini bagus untuk anak-anak, karena ini bisa menjadi bibit tim nasional kelak. Ini sebagai bukti kalau Indonesia adalah negara sepakbola juga. ASTAM sebagai akademi bisa melahirkan bakat-bakat terbaik negeri ini," lanjut dia. 

Ajang Asian Pacific Football Tournament 2019 kali ini dihelat di Ho Chi Minh. Ini merupakan ajang tahunan yang sudah dilakukan untuk ketiga kalinya.

"Bangga dan senang kami bisa meenjadi juara di APFT. Kawan-kawan berjuang semua dan kami bisa mengharumkan nama Indonesia," kata kapten tim ASTAM U-12, Raffael Gaitsa.