Bima Sakti: Kontrak Saya di Timnas Cuma Sampai Piala AFF

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 sudah berakhir. Tim Garuda gagal lolos ke semifinal, dan hanya finis di posisi ke-4 klasemen Grup B. Berakhirnya perjalanan Timnas Indonesia sepertinya juga akan diikuti dengan berakhir kisah Bima Sakti Tukiman bersama timnas.

Dengan pengalaman minim, Bima didapuk PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Pelatih 42 tahun ini dianggap bisa meneruskan skema yang dimiliki pelatih sebelumnya, Luis Milla Aspas. Sebab sebelumnya juga, Bima adalah asisten pelatih Milla di ajang SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Bima resmi didapuk menangani Timnas Indonesia pada 21 Oktober 2018 lalu. Saat itu, Bima hanya memiliki waktu persiapan minim, kurang dari tiga pekan sebelum laga perdana melawan Singapura di National Stadium, Singapura.

Setelah langkah Timnas Indonesia di Piala AFF usai, pertanyaan pun muncul apakah posisi Bima di kursi pelatih akan dipertahankan. Jawabannya ternyata belum pasti. Setelah laga terakhir melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Bima menegaskan bahwa kontraknya berakhir setelah Piala AFF. Soal masa depannya, Bima mengatakan, menyerahkan penuh terhadap keputusan PSSI.

"Saya informasikan bahwa kontrak saya hanya sampai (Piala) AFF. Karena, ini hanya meneruskan apa yang sudah sejak lama dibangun bersama coach Luis (Milla). Setelah itu, saya serahkan kepada federasi (PSSI)," ucap Bima kepada wartawan.

"Saya harap siapapun pengganti saya nanti, baik pelatih asing maupun pelatih lokal, tetap didukung. Tapi, kritik tetap perlu. Saya ucapkan terima kasih kepada para media yang selalu mendukung dan memberikan kritik dalam pemberitaan," katanya.