Soal Pengaturan Skor di Piala AFF 2010, Ini Kata Hamka Hamzah

Bek dan kapten Arema FC, Hamka Hamzah
Sumber :
  • Lucky Aditya (Malang)/VIVA

VIVA - Mantan bek timnas Indonesia, Hamka Hamzah, akhirnya bicara soal isu pengaturan skor pada Piala AFF 2010 silam. Dia meminta semua pihak untuk menahan diri dan menunggu hasil penyelidikan dari Kepolisian.

Isu pengaturan skor pada final antara Indonesia kontra Malaysia tersebut memang sudah lama menyeruak. Hingga akhirnya, mantan manajer timnas, Andi Darussalam Tabusalla, buka-bukaan akan kekalahan 0-3 dari Malaysia tersebut.

Dia menyebut ada indikasi pengaturan skor pada laga tersebut. Andi menyebut nama eks bek timnas, Maman Abdurrahman yang menurutnya mencurigakan sehingga ada indikasi terjadi pengaturan skor.

"Saya memang tidak punya bukti untuk menuduh orang seperti itu. Tapi kita bisa lihat sendiri dari cara bermain. Harusnya, Maman (Abdurrahman) membiarkan bola agar offside atau keluar. Tapi, dia malah seakan memberi kesempatan pemain lawan untuk merebutnya dan memberikan umpan untuk mencetak gol pertama," ujar Andi pada sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta.

"Setelah pertandingan, ramai orang mengatakan seolah-olah hasil pertandingan itu sudah diatur. Saya sebagai manajer langsung mengejar rumor itu dan yakin hasil 3-0 (leg pertama) merupakan permainan," lanjutnya.

Dia juga mengaku berjumpa dengan pihak Malaysia usai pertandingan itu digelar. Di mana, orang Malaysia tersebut mengaku tak mungkin negaranya bisa menang dari Indonesia bila tidak melakukan "permainan".

"Selain itu, saya juga bertemu pihak Malaysia dan mereka bilang, Bang kalau tidak kami mainkan (skor), enggak mungkin menang dari Indonesia. Sebab, kami sudah kalah 1-5 di Jakarta (fase grup)," tambahnya.

Alhasil, pernyataan tersebut langsung ditanggapi berbagai kalangan. Bahkan, netizen langsung menyerbu akun instagram milik Maman dan beberapa pemain timnas yang lain karena dinilai sebagai pengkhianat bangsa.

Sementara itu, Hamka Hamzah yang menjadi rekan Maman pada laga tersebut, meminta semua pihak menahan diri sambil menunggu bukti yang konkret. Sebab, ramainya pemberitaan berdampak pada kehidupan pribadi dan keluarga pemain.

"Salam INDONESIA, buat Teman2 dan sodara2 semua disini saya ingin menyampaikan sebagai bagian pemain AFF 2010, mari semua bersabar menunggu bukti2 yg akan diserahkan ke SATGAS KEPOLISIAN ttg indikasi penerimaan suap. Jgnlah menghujat dan berfikiran negatif dulu kepada kami squad AFF 2010 sambil menunggu bukti yang kongkrit,Karena itu berdampak besar kepada kami dan keluarga besar kami semua. Mari kita tunggu sama2 kelanjutan dr SATGAS KEPOLISIAN. Kami semua mengutuk apabila ada yg menerima suap di AFF 2010, karena kami berjuang betul2 untuk NEGARA..Tp kalau memang terbukti ada yg menerima, maka HUKUM HUKUM HUKUM Akan Memproses itu semua. SALAM INDONESIA," tulis Hamka di akun instagram pribadinya @hamka23hamzah. (ase)