Klarifikasi Maman soal Pengaturan Skor Piala AFF 2010

Maman Abdurrahman saat konferensi pers dengan APPI
Sumber :
  • Pratama Yudha

VIVA – Mantan penggawa Timnas Indonesia, Maman Abdurrahman, secara tegas membantah keterlibatannya dalam tuduhan pengaturan skor di Final Piala AFF 2010. Maman berani menjamin jika dirinya sama sekali tak terlibat.

Isu tersebut kembali mencuat setelah mantan manajer Timnas, Andi Darussalam Tabusalla, buka suara dalam acara Mata Najwa, Rabu 19 Desember 2018. Dia merasa ada keanehan di pertandingan tersebut di mana Indonesia kalah 0-3 dari Malaysia di leg pertama di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Pernyataan tersebut membuat opini masyarakat berkembang liar. Maka itu, Maman segera mengambil tindakan cepat untuk memberikan klarifikasi ditemani oleh Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

Tak hanya Maman, APPI juga mengajak beberapa penggawa Timnas di Piala AFF 2010. Di antaranya Muhammad Nasuha, Hamka Hamzah, dan Firman Utina.

"Sehubungan dengan opini yang berkembang di masyarakat setelah Mata Najwa, Rabu kemarin, dengan ini saya menyatakan kalau hal itu tidak benar. Sebagai tindak lanjutnya, saya siap bekerja sama dengan satgas yang dibentuk Kapolri untuk menuntaskan kasus ini," ujar Maman dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, 20 Desember 2018.

"Pertama ada berita yang fitnah dan buat saya kaget dan tiba-tiba instagram saya banyak komentar. Saya demi Allah tidak melakukan apa-apa (terkait match fixing)," tambahnya.

Kendati demikian, Maman tak mengelak jika dia telah membuat kesalahan di laga tersebut yang berujung gol pertama. Tapi, tak ada unsur suap sama sekali.

"Saya tidak memungkiri melakukan kesalahan tapi secara teknis dan saya gentle akui kesalahan. Waktu itu Coach Alfred Riedl usai pertandingan bilang setiap pemain bisa saja melakukan kesalahan," jelas pemain Persija Jakarta. (ase)