Keseimbangan Tim, Alasan McMenemy Panggil Pemain Senior dan Junior

Sesi pemusatan latihan Timnas Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy mengungkapkan alasannya memanggil beberapa pemain senior guna menjalani pemusatan latihan di Perth, Australia. McMenemy ingin ada keseimbangan dalam tim besutannya saat ini.

Pemain naturalisasi senior seperti Ilija Spasojevic, Greg Nwokolo, dan Otavio Dutra diharap bisa memberi dampak positif kepada tim. Pengalaman Simon saat membesut Bhayangkara FC membuatnya mampu memetakan pemain senior terbaik saat ini.

"Selama beberapa tahun terakhir saya mempersiapkan strategi untuk melawan pemain-pemain yang sudah senior itu dan beberapa kali saya kalah lawan mereka," kata Simon saat ditemui di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat 8 Maret 2019 malam WIB.

Untuk melengkapi tim, sejumlah pemain muda terbaik saat ini juga dipanggil oleh Simon. Mereka adalah Zulfiandi, Ricky Fajrin, Evan Dimas, Wahyu Subo Seto, Dedik Setiawan, dan Febri Hariyadi.

Selain itu, juru taktik asal Skotlandia itu memiliki pandangan kebutuhan pemain senior guna melengkapi kekurangan tim. Dia memantau dalam beberapa pertandingan seperti melawan China dan Vietnam, pemain muda kerap kesulitan.

"Di sini secara pribadi saya ingin bikin tim yang seimbang antara pemain senior dan pemain muda. Kadang pemain muda kesulitan ketika berhadapan dengan tim seperti China atau Vietnam," ujar Simon.