Persiapan Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia akan Jajal Vanuatu

Para pemain Timnas Indonesia dalam laga kontra Thailand di Piala AFF 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA –  Asisten pelatih Timnas Indonesia, Yeyen Tumena mengatakan timnya akan melakoni laga uji coba melawan Republik Vanuatu. Rencananya, pertandingan itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta 15 Juni 2019 mendatang. 

Sebelum menghadapi Vanuatu, Timnas Indonesia lebih dulu akan menghadapi Yordania pada uji coba pertama di Stadion International Amman, 11 Juni 2019.

Laga uji coba ini, kata Yeyen sebagai simulasi yang dilakukan tim kepelatihan untuk mempersiapkan tim di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 5 September 2019. Dijelaskannya, Timnas Indonesia yang berada di pot tiga pada undian kualifikasi Piala Dunia akan berhadapan dengan tim yang berada di pot satu dan pot dua.

Adapun di pot satu diisi negara Arab, sedangkan pot tiga dari negara kawasan ASEAN. "Makanya kami pilih salah satu simulasi negara Arab dan satu lagi ASEAN atau Asia. Kalau ASEAN kita sudah tahulah seperti apa. Jadi kami cari simulasi tim yang levelnya di atas kita dan di bawah kita dengan selisih pertandingannya lima hari," jelas Yeyen kepada wartawan.

"Jadi, pada September ada dua kali (pertandingan), Oktober dua kali dan November dua kali dengan masing-masing satu pertandingan kandang dan tandang," ujar Yeyen,

Republik Vanuatu merupakan sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan yang berada di sebelah timur Australia. Saat ini, Vanuatu berada di urutan 166 pada peringkat dunia FIFA per 4 April 2019. Sedangkan Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat ke-159.

Terkait persiapan, rencananya Timnas Indonesia bakal menggelar pemusatan latihan pada 28 Mei sampai 3 Juni di Yogyakarta. Setelah itu, pada 6 Juni, Timnas Indonesia akan bertolak ke Yordania. Pada pemusatan latihan nanti, Yeyen menyebut pelatih Simon McMenemy akan memanggil 26 pemain.