Ancaman Serius Vanuatu untuk Indonesia, Pernah Menang 46-0

Bek timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Solihin

VIVA – Timnas Indonesia bakal menjamu Vanuatu dalam laga uji coba bertajuk FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu 15 Juni 2019 malam WIB. Berdasarkan rangking FIFA terbaru, Indonesia lebih baik ketimbang negara dari kawasan Pasifik itu. Indonesia saat ini berada di peringket ke-160 sedangkan Vanuatu ada di urutan ke-163. 

Namun demikian, Timnas Indonesia wajib waspada. Sebab, sang calon lawan ternyata pernah meraih kemenangan fantastis. Vanuatu pernah membantai Timnas Mikronesia dengan skor 46-0 pada 2015 lalu.

Kemenangan itu diraih Vanuatu dalam laga kualifikasi bagi negara Ocenia untuk bisa berlaga di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Selain pernah meraih kemenangan 46-0, Vanuatu juga sempat menang telak 18-0 ketika melawan Kiribati.

Menanggapi hal itu, bek Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata tak panik. Dia mengatakan tidak terlalu memikirkan kemenangan tim lawan.

Bagi bek Persebaya Surabaya itu saat ini yang terpenting adalah tidak mengulangi kesalahan-kesalahan saat menghadapi Yordania pada laga besok. "Saya tidak memikirkan kemenangan itu. Kami selalu anggap semua lawan itu hebat dan berat semua," kata Hansamu di SUGBK. 

"Kami sudah banyak belajar dari kekalahan Yordania kemarin (1-4) dan hasilnya ini cukup positif. Ditambah kami juga sudah evaluasi dengan tim dan semua pemain sangat antusias untuk pertandingan besok," ucapnya.