Andai Qatar Batal, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022?

Logo Piala Dunia 2022 Qatar
Sumber :
  • www.sportskeeda.com

VIVA – Status Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 terancam batal. Sebab, terungkap ada suap kepada mantan Presiden Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA), Michel Platini semasa proses pencalonan.

Platini sempat ditahan oleh aparat kepolisian Prancis karena dugaan ini. Induk sepakbola dunia (FIFA) pun langsung menggelar pertemuan rahasia guna mencari cara agar masalah ini tak tambah rumit.

Melihat adanya kemungkinan Qatar batal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI) mendesak pemerintah untuk memanfaatkannya. Sebab, jika hal itu terjadi, jatah tuan rumah akan dialihkan ke negara Asia lainnya.

 Ketua MSBI, Sarman El Hakim mengutarakan kemungkinan itu kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Bambang Soesatyo, Rabu 26 Juni 2019. Dia mendesak pemerintah agar aktif melakukan lobi.

Sarman menjelaskan, Indonesia memiliki peluang besar karena terbilang yang paling siap, lantaran baru saja menggelar Asian Games 2018 lalu. Selain itu, Indonesia juga pernah mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 bersama Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

"Jepang sekarang memilih fokus untuk menggelar Olimpiade Tokyo 2020, Australia sudah menyatakan menyerah. Jadi kami mengatakan kepada Ketua DPR bahwa momentum ini harus kita manfaatkan. Oleh karena itu, ada baiknya pemerintah melalui Presiden Jokowi memberikan jaminan kepada FIFA bahwa Indonesia siap jadi tuan rumah," kata Sarman.

Menanggapi hal itu, Bambang menyambut baik desakan MSBI kepada pemerintah. Dia berjanji untuk segera menyampaikan aspirasi tersebut kepada Jokowi. Menurutnya, Indonesia mampu menggelar hajatan sepak bola terbesar di dunia itu.

"Semoga pemerintah menyambut baik Piala Dunia ini. Karena penggemar sepakbola Indonesia ini sangat luar biasa. Untuk kesiapan pastinya tergantung pemerintah. Tapi, saya kira, Indonesia siap mengingat kita baru saja menggelar Asian Games dengan sukses," ucapnya.

Tidak mudah untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah tunggal ajang sekelas Piala Dunia. Bukan cuma dengan memiliki sejumlah stadion yang standar internasional. Pengalaman menjadi tuan rumah juga jadi pertimbangan.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria dalam kesempatan terpisah mengatakan Indonesia akan mencoba mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Mereka akan menggandeng beberapa negara tetangga untuk jadi tuan rumah bersama.

Sebelum sampai ke sana, Tisha mengatakan pihaknya akan coba mengajukan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Hal itu dilakukan sebagai langkah awal menuju Piala Dunia 2034.

"Jadi sebelum kita sampai ke sana, ada dulu yang harus kita lewati, yaitu Piala Dunia 2021 U-20. Kita akan coba bidding, prosesnya sedang dilakukan," kata Tisha.