Alasan Australia Ajak Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Trofi Piala Dunia
Sumber :
  • Verdict

VIVA –  Federasi Sepak Bola Australia atau FFA mengakui, telah mengadakan diskusi dengan Indonesia, untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

FFA telah bertemu dengan pejabat federasi sepakbola Indonesia (PSSI), saat pertemuan petinggi AFF di Laos, beberapa waktu yang lalu.

"Federasi Sepak Bola Australia mengonfirmasi telah berdiskusi dengan Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) mengenai kemungkinan bersama-sama mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia 2034," bunyi pernyataan FFA, dikutip Fox Sport.

"Pengajuan tuan rumah bersama Australia-Indonesia juga didiskusikan pada pekan lalu dalam pertemuan petinggi AFF di Laos," lanjut pernyataan itu.

Lebih lanjut, pada KTT ASEAN di Bangkok, Minggu lalu, FFA mengatakan, pihaknya mendukung negara-negara di Asia Tenggara menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

"FFA menyambut baik kesempatan untuk membahas lebih lanjut tawaran ASEAN untuk Piala Dunia FIFA 2034, dengan sesama Asosiasi Anggota di kawasan itu," demikian pernyataan itu.

Dalam berita sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha mengatakan, Australia mengajak Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, setelah Thailand yang awalnya digadang-gadang maju bersama Indonesia, mengundurkan diri.

Tisha juga mengungkapkan, duet Indonesia-Australia mewakili ASEAN terbilang sangat kuat dan berpotensi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

"Kombinasi antara PSSI dengan Australia ini kuat. Australia memiliki pengalaman dan Indonesia tidak kalah infrastrukturnya. Untuk perkembangan terbarunya seperti apa nanti, bakal diketahui dalam pertemuan Agustus mendatang," jelasnya. (asp)