Kemenpora Bantu Percepat Proses Naturalisasi Marc Klok

Gelandang PSM Makassar, Marc Klok
Sumber :
  • liga-indonesia.id

VIVA – Gelandang PSM Makassar, Marc Klok mendapat bantuan dalam proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Yang membantu adalah bagian hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto mengatakan saat ini sedang diupayakan bantuan kepada Klok. Pihaknya akan segera mengurus melalui Kementerian Hukum dan Ham (Kemenhukham).

"Saya sudah meminta kepada teman-teman di bagian hukum Kemenpora untuk dipercepat prosesnya. Supaya bisa segera dibawa ke Kumham, lalu ke Presiden. Kami maunya cepat," ujar Gatot kepada wartawan.

Meski begitu, Gatot memastikan bantuan kepada Klok akan lebih dulu dilakukan kajian. Terutama mengenai kelengkapan dokumen yang menjadi syarat utama naturalisasi.

"Prosesnya sekarang masih pengkajian di teman-teman hukum Kemenpora. Juga menyangkut kelengkapan persyaratan yang harus dipenuhi," tuturnya.

Diakui Gatot, dari aspek usia, Klok masih menjanjikan karena baru menginjak 26 tahun. Dibanding pemain lain yang sudah dinaturalisasi, jelas gelandang kelahiran Belanda itu lebih bagus.

Dengan adanya bantuan dari pemerintah, jalan Klok menuju pergantian kewarganegaraan nampaknya akan mulus. Mimpinya berseragam Timnas Indonesia pun bisa terwujud.

Klok yang belum lagi menjadi WNI pernah dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy dalam pemusatan latihan. Namun perannya hanya sebatas bergabung, bukan masuk dalam tim yang turun bermain di laga uji coba internasional.