Terungkap, Pemain Cadangan Punya Beban Lebih Berat di Timnas U-16

Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Setelah memetik dua kemenangan tanpa kebobolan, Timnas Indonesia U-16 akhirnya gagal meraih hasil maksimal. Dalam pertandingan terakhirnya, pasukan Bima Sakti Tukiman hanya mampu bermain imbang melawan Timor Leste.

Armada Garuda Asia ditahan imbang Timor Leste 1-1 dalam matchday 3 Grup A Piala AFF U-16 2019, di Chonburi Campus Stadium, Chonburi, Thailand, Rabu 31 Juli 2019 WIB.

Meskipun gagal meraih kemenangan, Bima tetap memberikan apresiasi atas kerja keras para pemainnya. Bima juga cukup puas dengan penampilan solid para pemain, yang sebenarnya mampu membuat banyak peluang. 

Dalam laga ini, Timnas U-16 berhasil unggul lebih dulu di menit 50 lewat gol Marselino Ferdinan. Sayang, keunggulan itu hanya bertahan tujuh menit sebelum Timor Leste menyamakan kedudukan lewat gol Freitas.

Menit 59, Timnas U-16 sebenarnya berpeluang mengunci kemenangan. Sayang, eksekusi penalti Mochamad Faizal Shaifullah gagal berbuah gol.

Bima juga sedikit berbicara soal tanggung jawab pemain pengganti dalam skuatnya. Meski berstatus pemain cadangan, tanggung jawab yang diemban para pemain ini justru terbilang lebih berat.

Sebab dikatakan Bima, pemain cadangan yang baru masuk punya peran sebagai sosok yang membawa tenaga baru dalam permainan tim.

Akan tetapi, Bima juga tetap mendesak untuk seluruh para pemainnya untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya andai diturunkan sejak menit awal.

"Para pemain sudah menunjukkan kerja kerasnya. Tetapi, tetap akan ada perbaikan untuk laga selanjutnya melawan Filipina," ucap Bima kepada wartawan.

"Saya katakan kepada mereka, siapa pun yang dipasang harus maksimal, karena semuanya buat tim. Saya juga katakan tadi juga kerja kerasnya sudah bagus. Untuk pemain pengganti saya tekankan kalau mereka harus lebih fight, karena mereka adalah tenaga baru," katanya.

Soal peta kekuatan Filipina, Bima secara tersirat menunjukkan bahwa ia sudah mengetahuinya. Oleh sebab itu, Bima meminta para pemainnya agar tetap waspada akan kekuatan Filipina.

"Kemarin kami sudah lihat pertandingannya, kami sudah lihat video-video mereka. Mereka punya pemain-pemain bagus, mereka punya kualitas, jadi saya tekankan kepada pemain-pemain saya supaya tetap waspada terhadap kekuatan Filipina," ujar Bima.

Saat ini, Timnas U-16 menduduki peringkat kedua klasemen Grup A dengan koleksi 7 poin. Catatan ini sama dengan yang dimiliki Timor Leste di puncak klasemen.

Hanya saja, Timmas U-16 kalah produktivitas gol. Selanjutnya, Timnas U-16 akan berhadapan dengan Filipina dalam matchday 3 di Chonburi Campus Stadium, Jumat 2 Agustus 2019 WIB.