Kala Kiper Muda Persija Lebih Nyaman di Garuda Select Angkatan 2

Kiper Garuda Select, Risky Sudirman (kanan) bersama Bramdani
Sumber :
  • VIVA/Satria Permana

VIVA – Kiper muda Persija Jakarta, Risky Sudirman, merasakan betul kenyamanan saat gabung Garuda Select jilid 2 di Birmingham, Inggris. Ditemui langsung VIVA, Risky mengungkapkan ada beberapa aspek yang membuatnya merasa kerasan berlatih di Garuda Select.

Pada angkatan kedua ini, Risky mengakui ada perbedaan mendasar yang ditekankan oleh tim pelatih. Risky, yang kebetulan juga sudah ikut di angkatan pertama, menyatakan Garuda Select kali ini tak lagi mengasah kemampuan para pemain untuk membangun serangan.

Skema bertahan, disebut Risky, lebih diperkuat dalam angkatan kedua. Sebagai kiper, Risky tentunya merasa bersyukur.

"Ketika berlatih bertahan, saya lebih nyaman. Di angkatan kedua, komunikasi dengan para pemain bertahan lebih diasah," kata Risky.

"Pelatih juga memberi tahu ke mana bola harus digeser, dalam proses bertahan. Harus cepat memindahkan bola," lanjutnya.

Risky, sejatinya tak hanya menerima koreksi dari tim pelatih Garuda Select. Ayahnya yang juga mantan pemain Persija, Sudirman, kerap memperhatikan aksinya saat berlaga bersama Garuda Select.

Ada sedikit kesalahan yang dilakukan Risky, maka sang ayah akan memberi masukan kepadanya. Dan, Risky mengakui sang ayah begitu berpengaruh dalam proses evaluasinya.

"Ayah pasti menonton pertandingannya. Selalu, memberikan masukan, kesalahannya apa. Kami sering diskusi lewat telepon," ujar Risky.

Ketangguhan Risky di bawah mistar nantinya akan diuji kembali dalam pertandingan Garuda Select melawan Preston North End, Selasa 25 Februari 2020. Anda bisa menyaksikan duel ini secara langsung di Mola TV.