Bintang Tottenham Tak Sesumbar Antar Korsel Sabet Emas Asian Games

Winger Tottenham Hotspur, Son Heung-Min
Sumber :
  • Reuters/John Sibley

VIVA – Bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-Min, akan jadi salah satu daya tarik Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Winger 26 tahun ini akan menyandang status kapten Timnas Korea Selatan U-23, yang diunggulkan meraih medali emas di cabang olahraga sepakbola.

Son sudah tiba di Bandung setelah menempuh perjalanan dari London selama lebih dari 10 jam, Senin 13 Agustus 2018. Mantan penggawa Bayer Leverkusen ini juga sudah bergabung dengan Timnas Korea Selatan U-23 dalam sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Target tinggi menjadi beban Son di multievent olahraga empat tahunan kawasan Asia ini. Meraih medali emas jadi harga mati buat Son, untuk bisa lepas dari keharusan mengikuti wajib militer di negaranya.

Meski Timnas Korea Selatan U-23 diunggulkan dan memiliki unggul kualitas pemain, Son tak lantas besar kepala. Berkaca pada laga kontra Jerman di laga terakhir Grup F Piala Dunia 2018, saat Korea Selatan mengalahkan Jerman 2-0. 

Menurut Son, kemenangan timnya atas Jerman yang berstatus juara bertahan adalah di luar dugaan. Meski tak diunggulkan, nyatanya Korea Selatan mampu mengalahkan tim sekelas Jerman. Hal ini yang membuat Son tak lantas sesumbar. Sebab menurutnya, tim Asia lain yang di atas kertas kalah kelas dari Korea Selatan, bukan tak mungkin bisa menumbangkan The Taeguk Warriors.

"Kami mengalahkan Jerman di Piala Dunia (2018) saat tidak orang yang mengharapkan itu. Seperti itu, kami bisa saja kalah dari tim Asia lainnya di sini (Asian Games 2018). Kami harus mengambil (kemenangan) di setiap pertandingan. Jika kami tidak memberikan segalanya di setiap pertandingan, semuanya akan jadi sangat sulit," kata Son dikutip Daily Mail.

Timnas Korea Selatan U-23 akan melakoni laga perdana Grup E Asian Games 2018 kontra Bahrain U-23. Laga Korea Selatan U-23 kontra Bahrain U-23 akan digelar di Stadion GBLA, Kamis 15 Agustus 2018 WIB. (ren)