Parkir Bus Ala Mourinho Justru Bikin Vietnam Berprestasi di Piala Asia

Pemain Timnas Vietnam, Ngoc Hai Que (kanan), melakukan selebrasi
Sumber :
  • Twitter/@afcasiancup

VIVA – Kejutan diciptakan Vietnam di Piala Asia 2019. Mereka mampu melaju ke perempatfinal, usai mengalahkan Yordania lewat babak adu penalti.

Dalam pertandingan yang digelar di Al Maktoum Stadium, Dubai, Minggu 20 Januari 2019, Vietnam mampu mengimbangi permainan Yordania dengan skema permainan pasifnya.

Menit 38, Vietnam kebobolan lewat torehan Baha Abdel-Rahman. Vietnam baru bisa membalasnya di menit 51 lewat Nguyen Cong Phuong.

Kedua tim bermain sama kuat hingga masa perpanjangan waktu. Adu penalti digelar demi menemukan pemenang. Dan, The Red Star mampu menundukkan Yordania dengan skor 4-2 di babak tos-tosan.

Kelolosan Vietnam mengundang kritik. Banyak media yang menyatakan Vietnam tak layak lolos lantaran gemar menerapkan skema parkir bus ala Jose Mourinho.

Namun, harus diakui, skema ini nyatanya bisa membuat Vietnam berprestasi di Piala Asia. Justru, dengan bermain pragmatis, Vietnam bisa melaju ke perempatfinal.

"Kami tak main defensif, tapi produktif. Maka dari itu, saya tak setuju dengan kritik dari media soal permainan kami. Kami hanya menerapkan apa yang harusnya dilakukan," kata pelatih Vietnam, Park Hang-seo, dilansir Fox Sports Asia.

Park menyatakan skema permainan yang diterapkannya bersama Vietnam, sudah sesuai dengan sumber daya yang dimilikinya.

"Menguntungkan bagi pemain kami. Saya selalu memaksa pemain untuk melakukan yang terbaik. Mereka bisa melakukannya. Kami sudah melaju sejauh ini, sangat sulit. Pemain harus melakoni jadwal ketat. Jadi, saya harus angkat topi untuk mereka," terang Park. (ase)