Mourinho Pernah Gunakan Taktik Keji Buat Lumpuhkan Messi

Mantan manajer Manchester United, Jose Mourinho.
Sumber :
  • Twitter/@ManUtd

VIVA – Jose Mourinho belakangan terusik dengan beredarnya sebuah dokumen tentang taktik yang diterapkannya saat masih melatih Chelsea. Di sana tertulis secara detail strategi The Blues saat akan menghadapi Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2006.

Dalam dokumen itu, tertulis informasi soal pemain Barcelona satu per satu serta perintah untuk mengatasi mereka di atas lapangan, seperti diberitakan The Sun.

Namun dari semua yang ada, paling menyedot perhatian ialah perintah terhadap Lionel Messi. Di sana tertulis, "Jika harus melanggarnya, lakukan di luar kotak penalti, lakukan secepat mungkin karena dia baru sembuh dari cedera".

Selain itu, dalam laporan tersebut ada beberapa informasi soal pemain yang bisa dibilang kurang sedap didengar, atau terkesan meremehkan lawan. Contohnya, dengan mengatakan bek sayap Sylvinho tidak tahu cara bertahan.

Masih ada lagi, Ronaldinho disebut penipu. Lalu kapten tim Carles Puyol dibilang pemimpin buruk, tidak paham posisi bermain dan sering mengintimidasi wasit.

Jika benar informasi yang disajikan oleh dokumen itu, maka bisa dibilang taktik culas tersebut gagal total. Sebab, dalam pertandingan dua leg itu Chelsea kalah dengan agregat 2-3. (mus)