Mourinho Yakin Porto Mampu Depak Liverpool

Jose Mourinho saat masih menangani Manchester United
Sumber :
  • Instagram/@manchesterunited

VIVA – Liverpool dan FC Porto kembali saling berhadapan dengan fase knock out Liga Champions. Partai ini adalah ulangan dari ajang yang sama musim lalu, saat keduanya saling jegal di babak 16 besar. Jelang duel kedua tim, mantan pelatih Porto, Jose Mourinho, optimis pasukan Sergio Conceicao bisa menyingkirkan The Anfield Gang kali ini.

Liverpool sebelumnya sukses melaju ke babak perempatfinal setelah menyingkirkan raksasa Bundesliga, Bayern Munich. Sementara itu, Porto juga melangkah mulus ke babak delapan besar setelah mengalahkan tim elite Italia, AS Roma.

Jika melihat hasil musim lalu, Liverpool sukses mempecundangi Porto 5-0 di pertamuan pertama di Estadio do Dragao. Kemudian di pertemuan kedua, di luar dugaan Porto yang bermain lepas mampu menahan imbang Liverpool 0-0 di Anfield.

Meski Liverpool lebih diunggulkan dan punya kualitas pemain di atas Porto, Mourinho tetap yakin Hector Herrera cs akan mampu menjungkalkan lawannya. Sebab dalam perhitungannya, Liverpool akan terbagi konsentrasinya dengan kompetisi domestik. Seperti yang diketahui, Liverpool saat ini tengah bersaing ketat dengan Manchester City menuju gelar juara Premier League 2018/2019.

Oleh sebab itu dalam pandangan Mourinho, Juergen Klopp takkan mengambil risiko mengistirahatkan pemain utamanya, baik saat berlaga di Liga Champions maupun di Premier League. Kondisi fisik para pemain Liverpool yang terkuras, bisa jadi celah bagi Porto untuk mengambil keuntungan. 

"Peluang terbuka dan apa yang terjadi tahun lalu, saya percaya. Porto bisa bermain (mengimbangi Liverpool) di kedua pertandingan. Dibandingkan dengan musim lalu, saya pikir Sergio Conceicao akan bertanya pada dirinya sendiri tentang apa yang terjadi dan melakukan sesuatu yang berbeda kali ini," ujar Mourinho dikutip Daily Mail.

"Liverpool punya kualitas individu yang sangat fantastis. Tetapi, mereka juga berdebat dengan gelar juara liga (Premier League). Itu berarti, mereka tidak akan mengistirahatkan para pemain di pertandingan sebelumnya, atau di antara dua pertandingan (Premier League dan Liga Champions)," katanya.

Liverpool akan menjamu Porto di Anfield dalam laga leg 1 babak perempatfinal Liga Champions 2018/2019, Rabu 10 April 2019 dini hari WIB. (mus)