Akhir Cerita Indah Robben dan Ribery di Bayern Munich

Arjen Robben angkat trofi Bundesliga ke-8 dalam 10 musim bersama Bayern Munich
Sumber :
  • https://twitter.com/FCBayernEN

VIVA – Keberhasilan Bayern Munich menjuarai Bundesliga 2018/2019, menjadikan perpisahan yang indah untuk Arjen Robben dan Franck Ribery. Skuat asuhan Niko Kovac menang 5-1 atas Eintracht Frankfurt pada laga terakhir yang digelar di Allianz Arena, Sabtu 18 Mei 2019.

Tambahan tiga poin membuat Bayern mengoleksi 78 poin atau unggul dua angka dari Borussia Dortmund yang ada di urutan kedua.

Namun, lupakan dulu sejenak tentang kedigdayaan Die Roten di Bundesliga. Sebab, musim ini merupakan momen terakhir bagi Robben dan Ribery bersama Bayern. Kedua pemain tersebut memutuskan untuk tak melanjutkan masa bakti mereka di Bayern. Baik kontrak Robben maupun Ribery sama-sama habis pada Juni 2019.

Robben bergabung dengan Bayern pada 2009 lalu. Selama 10 tahun pengabdiannya, pemain asal Belanda itu mencatatkan 201 pertandingan di semua kompetisi. Dari jumlah itu, Robben mempersembahkan 99 gol dan 52 assists.

Selama itu juga, Robben memenangi sejumlah gelar bergengsi seperti delapan gelar Bundesliga, empat DFB Pokal, lima Jerman Supercup, satu Piala Super Eropa, dan satu gelar Liga Champions. 

Sementara itu, Ribery, sudah membela Bayern Munich sejak 2007 lalu, atau dua musim sebelum Robben datang. Selama 12 musim, Ribery mencatatkan 273 laga dengan rekor 86 gol dan 93 assists.

Ribery mempersembahkan sembilan titel Bundesliga, lima DFB Pokal, empat Jerman Supercup, satu Piala Super Eropa, dan satu Gelar Liga Champions. 

Menurut catatan Opta, adapun sembilan gelar Bundesliga yang diraih Ribery merupakan yang terbanyak, bahkan mengalahkan pencapaian legenda besar seperti Oliver Kahn.

Banjir Pujian 

Dikutip Bundesliga, pelatih Bayern Munich Niko Kovac memberikan pujian setinggi langit untuk Robben dan Riberry. Menurutnya, kedua pemain tersebut sangat vital di dalam skuat. Kepergian Robben dan Riberry juga menurut Kovac, akan menjadi sebuah kehilangan yang besar bagi Bayern.

"Mereka menunjukkan gairah yang luar biasa sebagai pemain Bayern Munich. Saya sangat senang dengan hal tersebut. Mereka telah meningkatkan citra Bundesliga dalam 10 tahun terakhir. Mereka juga menjadi citra yang sangat positif untuk tim," ucap Kovac.

Selain mendapatkan pujian dari sang pelatih, Robben dan Riberry juga mendapatkan penghargaan yang luar biasa dari para fans. Terpampang di sudut tribun sebuah koreo raksasa yang menggambarkan keduanya saling merangkul. (asp)