Ronaldo atau Messi, Siapa Layak Raih Ballon d'Or 2019?

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • Instagram/@juventus

VIVA – Seiring dengan tuntasnya sejumlah kompetisi liga top Eropa, muncul deretan kandidat peraih gelar Ballon d'Or 2019. Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, dan Lionel Messi dari Barcelona masih berada di posisi terdepan. Lantas, siapakah yang pantas mendapatkan gelar Ballon d'Or 2019?

Pundi-pundi Ronaldo dan Messi pada musim ini jauh berbeda. Jika Ronaldo mengoleksi 27 gol, La Pulga mencetak 36 gol. Namun, keduanya sama-sama sukses mengantarkan timnya menjuarai Liga domestik. Soal siapa yang layak, legenda Australia, Tim Cahill, punya pandangan sendiri. 

Mantan pemain Everton itu menilai jika gelar Ballon d'Or 2019 layak disematkan kepada Ronaldo. Cahill mengungkapkan, Ronaldo memberikan dampak positif yang amat besar untuk Serie A ketika bergabung bersama Juventus awal musim lalu. 

Selain membantu Juventus juara dan mencetak 27 gol pada musim pertamanya, Ronaldo juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Serie A 2018/2019. Dengan begitu, Ronaldo, menurut Cahill telah menaklukkan tiga kompetisi top Eropa yakni ketika bermain untuk Manchester United di Premier League dan Real Madrid di LaLiga. 

"Dia (Ronaldo) meninggalkan Madrid dan memberikan dampak yang besar kepada Serie A. Saya belum pernah melihat ada pemain yang melakukannya di tiga klub berbeda," kata Cahill dikutip Alkass Sport.

Cahill mengakui memang Ronaldo gagal mewujudkan ambisi besar fans Juventus untuk memenangkan Liga Champions musim ini. Namun, penampilan CR7 tidak mengecewakan. Ronaldo mencetak enam gol di Liga Champions, termasuk hattrick ke gawang Atletico pada babak 16 Besar. 

Namun, menurut Cahill, kegagalan itu tidak bisa dijadikan kambing hitam supaya Ronaldo tidak mendapatkan gelar Ballon d'Or 2019. Pasalnya, Lionel Messi juga tak mampu membawa timnya memboyong trofi Si Kuping Besar itu. “Dan saya tahu dia tidak memenangkan Liga Champions, tetapi dia memiliki dampak besar di klub mana pun," ucapnya.

"Jika Anda bisa membawa pemain dan menempatkan mereka di suatu tempat pada usianya, saya tahu orang-orang tidak akan setuju, saya hanya menghargai profesionalismenya,” jelasnya. (one)