Neymar Seperti ABG Labil, Ban Kapten Brasil Melayang ke Dani Alves

Pemain Timnas Brasil, Neymar
Sumber :
  • Zimbio

VIVA – Bintang Brasil, Neymar dipastikan tidak mengemban tugas sebagai kapten Selecao di Copa America 2019. Federasi Sepakbola Brasil mengumumkan, tugas Neymar akan digantikan oleh Dani Alves. Keputusan itu mulai berlaku pada laga persahabatan melawan Qatar, 5 Juni mendatang. Alves dinilai layak untuk menjadi kapten Brasil meskipun usianya saat ini telah menginjak 36 tahun.

"Dani Alves akan menjadi kapten Tim Nasional Brasil dalam laga persahabatan menghadapi Qatar dan Honduras dan di Copa America Brasil 2019," demikian pernyataan CBF. 

Dalam keterangan itu, CBF memang tak menyebutkan alasan pergantian tersebut. Namun, dilansir dari CNA, pelatih Tite melengserkan Neymar dari status kapten lantaran Neymar belum mampu bersikap dewasa. Sebelumnya, Tite menunjuk Neymar sebagai kapten permanen beberapa bulan setelah tersingkirnya Brasil di perempat-final Piala Dunia tahun lalu.

Namun, Tite mendapatkan tekanan besar untuk mengganti striker Paris Saint-Germain (PSG) itu karena kedisiplinan. Neymar sering terkapar di lapangan ketika memperkuat Brasil di Piala Dunia 2018. Bahkan, pemandangan jatuh dari Neymar sempat dinilai merupakan hal yang sudah biasa oleh para suporter.

Selain itu, ketidakdewasaan Neymar berlanjut di Ligue 1. Pemain 27 tahun itu dihukum tiga pertandingan oleh otoritas sepak bola Prancis pada awal Mei 2019 karena memukul seorang suporter selepas PSG kalah dari Stade Rennes di final Coupe de France, dan juga dilaporkan terlibat konflik dengan rekan-rekan di PSG.

Sebaliknya.Dani Alves merupakan salah satu pemain paling senior di skuat Brasil saat ini. Bersama Tim Samba, Alves sudah mencatatkan 138 penampilan. Ban kapten juga bukan hal yang asing baginya. Sebelumnya, eks pemain Barcelona dan Juventus itu juga pernah menjabat kapten Brasil pada laga uji coba lawan Jerman tahun lalu.