Penggagas Ajang Liga Champions Tutup Usia

Mantan Presiden UEFA, Lennart Johansson.
Sumber :
  • UEFA.com

VIVA – Sepakbola Eropa tengah berduka. Eks Presiden UEFA,  Lennart Johansson, meninggal dunia, Rabu 5 Juni 2019. Dia meninggal di usia 89 tahun.

Johansson 17 tahun menjabat sebagai Presiden UEFA pada 1990 hingga 2007. Pria asal Swedia ini merupakan sosok yang memperkenalkan Liga Champions pada 1992, menggantikan format lama dengan nama European Cup.

"UEFA dan sepakbola Eropa sangat sedih dengan meninggalnya Lennart Johansson, dan saya ingin mengucapkan belasungkawa yang tulis pada keluarga dan orang yang dicintainya, serta Asosiasi Sepakbola Swedia, atas kehilangan ini," kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, dilansir situs resmi UEFA.

"Dia bakal selalu dikenang sebagai pemimpin visioner dan sebagai penggagas Liga Champions. Dunia sepakbola akan selalu berterima kasih kepadanya untuk semua yang dia raih dan permainan yang indah," sambungnya.

Satu menit mengheningkan cipta akan dilakukan dalam seluruh pertandingan UEFA di pekan ini, untuk menghormati sosok Johansson. Termasuk semifinal UEFA Nations League antara Portugal melawan Swiss sesaat lagi, Kamis dini hari WIB, 6 Juni 2019.