Ronaldo Baru Bisa Bawa Juventus Juara Liga Champions 2023?

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • Instagram/@juventus

VIVA – Dua gelar sudah diraih Juventus dengan Cristiano Ronaldo dalam skuatnya. Akan tetapi, dua gelar tersebut tentu belum cukup membuat sang megabintang puas. Sebab, Ronaldo didatangkan I Bianconeri dengan target utama juara Liga Champions.

Setelah diboyong Juventus dari Real Madrid awal musim lalu, Ronaldo langsung mengantar Juventus meraih gelar Scudetto dan Supercoppa Italia. Sayangnya, kiprah Juventus harus terhenti di Liga Champions 2018/2019 di babak perempatfinal setelah didepak Ajax Amsterdam.

Lantas, kapankah Ronaldo bisa membawa Juventus meraih gelar juara Liga Champions? Sebab, sudah 23 tahun sejak terakhir kali Juventus bisa meraih trofi Si Kuping Besar. Menjadi Raja Eropa lagi jelas bukan hal mudah, termasuk buat Ronaldo. Apalagi, megabintang berpaspor Portugal ini punya fakta menarik soal perjalanannya menuju gelar Liga Champions.

Dilihat dari data Ronaldo di situs resmi, UEFA.com, ternyata perlu waktu cukup lama untuk bisa membawa tim yang dibelanya menjadi juara Liga Champions. Coba ingat saat Ronaldo masih memperkuat Manchester United. Didatangkan Sporting Lisbon musim 2002/2003, Ronaldo baru bisa mengantar Setan Merah juara Liga Champions musim 2007/2008.

Dua musim setelah meraih gelar juara Liga Champions perdananya, Ronaldo diboyong Madrid dengan status pemain termahal dunia. Meski punya rekan satu tim yang kualitasnya berada di atas pemain MU, Ronaldo baru bisa membawa Madrid juara Liga Champions musim 2013/2014.

Dari data tersebut jelas, Ronaldo baru bisa membawa tim yang diperkuatnya juara Liga Champions dalam kurun waktu lima tahun setelah ia datang. Data tersebut memang bisa dibilang kebetulan. Sebab, bukan berarti Ronaldo tak bisa membawa Juventus merajai sepakbola Benua Biru kurang dari lima tahun. Tapi jika benar, maka Juventus baru akan bisa juara Liga Champions musim 2022/2023 nanti.

Di sisi lain, kedatangan Maurizio Sarri sebagai allenatore anyar Si Nyonya Tua diharap mampu mendongkrak prestasi tim. Tak ragu, Sarri ingin membantu Ronaldo meraih rekor baru bersama Juventus dan tentu di bawah komandonya.

Andai berhasil meraih gelar juara Liga Champions bersama Juventus, maka Ronaldo akan menyamai legenda Timans Belanda, Ajax, Madrid, dan AC Milan, Clarence Seedorf. Ya, Seedorf adalah satu-satunya pemain di dunia yang berhasil mengangkat trofi Liga Champions bersama tiga klub berbeda.

"Beberapa pemain top sudah saya latih. Tapi, sekarang saya harus bekerja dengan Ronaldo, level yang berbeda. Pemain ini selalu menjadi sorotan dunia. Setiap rekor di sepakbola dipecahkannya. Saya ingin membantunya dalam mencatatkan prestasi baru," ujar Sarri, seperti dilansir Metro.

Di musim pertamanya bersama Juventus, Ronaldo mampu mencetak 28 gol dalam 43 penampilannya di semua ajang. (ren)