Lawan Argentina, Pelatih Venezuela Tak Mau Kena Jebakan Lionel Messi

Aksi Lionel Messi di laga Qatar versus Argentina
Sumber :
  • Twitter/@Argentina

VIVA – Tim Nasional Venezuela akan menghadapi Argentina pada pertandingan perempatfinal Copa America 2019, Sabtu dinihari WIB, 29 Juni 2019 di Stadion Maracana. Jelang laga tersebut, Pelatih Venezuela, Rafael Dudamel, menegaskan, anak asuhnya tak boleh hanya terpaku pada Lionel Messi.

Dudamel memang mengakui bahwa Messi akan menjadi ancaman utama skuatnya. Namun, kata Dudamel, sebuah kesalahan besar apabila timnya hanya fokus untuk menghentikan pergerakan bintang Barcelona tersebut.

"Saya ingat kejadian pada 1985 (saat kualifikasi Piala Dunia 1986). Kami telah menyiapkan rencana untuk melakukan penjagaan individual kepada Diego Maradona, tapi dia masih saja bisa memcrtak dua gol dan Argentina menang 3-2," kata Dudamel seperti dikutip TyC Sports.

"Saya tak akan buang-buang waktu untuk coba mencari cara menghentikan pemain terbaik dunia. Kami hanya menyiapkan rencana kolektif dan akan beradaptasi sesuai perkembangan permainan. Tak ada pelatih yang mampu membuat strategi menghentikan Messi. Itu juga bukan tugas kami," tegasnya.

Sementara itu, mengenai peluang Venezuela lolos ke semifinal Copa America 2019, Dudamel mengatakan kans itu tetap ada. Ia menilai timnya telah menunjukkan kemajuan yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

"Kami sebenarnya selalu melahirkan pemain-pemain bagus. Namun, sekarang kami mampu menambahkannya dengan semangat kerja keras," ucap Dudamel.

"Saat ini, kami punya skuat dengan 95 persen main di luar negeri. Itu membantu perkembangan mereka, kami jadi lebih mengerti karakter permainan masing-masing. Kami sekarang lebih jauh terencana, dan perbedaan itu sudah sangat terlihat," ujarnya menambahkan.