Ditendang Newcastle, Benitez Resmi ke Klub Liga Super China

Rafael Benitez
Sumber :
  • BT Sport

VIVA – Tidak membutuhkan waktu lama bagi Rafael Benitez untuk kembali bekerja setelah dipecat dari Newcastle United. Benitez sepakat untuk menjadi pelatih di Liga Super China, Dalian Yifang. 

Dikutip dari BBC, Benitez dan Newcastle sepakat untuk tidak memperpanjang kerja sama mereka pada pekan lalu. Musim lalu, Benitez hanya membawa Newcastle finis di posisi 13.

"Saya ingin tetap. Tetapi saya tidak hanya ingin menandatangani kontrak perpanjangan. Saya ingin menjadi bagan dari proyek," tulis Benitez untuk penggemar Newcastle. 

Di Dalian Yifang, pria asal Spanyol ini menggantikan posisi Choi Kang-hee. 

"Setelah menempuh jalan yang panjang, kami memulai tantangan baru. Saya senang memulai proyek baru dengan Dalian Yifang," kata Benitez. 

Pria berusia 59 tahun ini akan menerima gaji sebesar £12 juta (sekitar Rp214 miliar) setahun. Menjadi pelatih Dalian, Benitez akan kembali bertemu dengan anak asuhnya di Napoli, Marek Hamsik. Hamsik dan Benitez pernah bekerja sama pada tahun 2013-2015.

Benitez merupakan pelatih yang kaya akan pengalaman. Namun yang paling sukses adalah ketika ia menjadi manajer Liverpool.

Ketika itu, Benitez mempersembahkan gelar Liga Champions pada tahun 2005. Tahun 2013 Benitez memberikan gelar Liga Europa kepada Chelsea. Sedangkan bersama Valencia, Benitez menyumbangkan dua gelar LaLiga (2001/2002 dan 2003/2004) dan sekali Liga Europa (2004). (ase)