Chelsea Masuk Unggulan Liga Champions, Ajax Lewat Jalur Kualifikasi

Trofi Liga Champions
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Keberhasilan Chelsea kembali berkiprah di pentas Liga Champions membawa angin segar bagi armada London Biru. Tak cuma sekadar memuaskan ambisi besarnya, namun skuat The Blues langsung masuk jajaran paling elite panggung tertinggi Eropa.

Ya, Cesar Azpilicueta cs kini berada di pot utama untuk pengundian penyisihan grup Liga Champions musim 2019/2020, sebagai kompensasi dari gelar juara Liga Europa 2018/19.

Bersama Chelsea di pot satu adalah juara Liga Champions 2018/19 Liverpool, juara Premier League Manchester City, juara LaLiga Barcelona, juara Serie A Juventus, juara Lique 1 Paris Saint-Germain (PSG) dan liga Primer Russia Zenit St Petersburg.

Diketahui, tim yang berada di pot satu adalah masing-masing juara liga domestik dari enam negara dengan koefisien UEFA tertinggi yakni Spanyol, Inggris Italia, Jerman, Prancis dan Rusia plus juara bertahan Liga Champions dan Liga Europa.

Sedangkan Real Madrid, Atletico Madrid, Borussia Dortmund, Napoli, Shakhtar Donestk dan Tottenham Hotspur berada di pot dua, yang merupakan daftar 6 tim Eropa dengan urutan koefisien UEFA tertinggi.

Sementara itu, semifinalis Liga Champions musim lalu Ajax Amsterdam kembali harus rela memulai kiprah mereka dari babak kualifikasi.

Adapun yang berbeda dari musim lalu, skuat de Godenzonen kini memulai dari babak kualifikasi ketiga, sedangkan musim lalu dari kualifikasi kedua.