6 Fakta Menarik Usai Peru Tembus Final Copa America 2019

Laga semifinal Copa America 2019, Peru vs Chile
Sumber :
  • twitter.com/OptaJavier

VIVA – Kejutan kembali mewarnai pentas Copa America 2019 saat Peru sukses melaju ke partai puncak usai melibas Chile 3-0, Kamis pagi WIB 4 Juli 2019 di Arena do Gremio, Rio Grande do Sul, Brasil.

Keberhasilan skuat besutan Ricardo Gareca itu melanjutkan letupan aksi memukau setelah menyingkirkan Uruguay di perempatfinal melalui drama adu penalti.

Tentunya hasil tersebut menjadikan pencinta sepakbola sejagat kian penasaran akan seperti apa kejutan yang akan kembali ditorehkan pengoleksi 2 kali gelar juara Copa America tersebut di hadapan publik Brasil.

Pada momen melibas Chile, Peru pun menorehkan sekelumit fakta menarik dalam usahanya mengamankan tiket laga final seperti dilansir Opta Javier sebagai berikut:

1. Peru akan memainkan final Copa America kedua mereka, setelah mencapai tahap ini dan mengangkat trofi pada tahun 1975, melawan Kolombia.

2. Peru adalah satu-satunya tim yang mencetak gol melawan Chile di pertandingan sistem gugur Copa America, yakni pada semifinal 2015 dan 2019.

3. Pedro Gallese melakoni 7 penyelamatan melawan Chile (termasuk tendangan penalti), yang terbesar bagi seorang penjaga gawang Peru dalam 4 perhelatan Copa America terakhir atau 21 laga yang dimainkan.

4. Bomber Peru, Paolo Guerrero menyalip torehan striker Chile, Eduardo Vargas sebagai pemain aktif saat ini dengan gol terbanyak yang dicetak di turnamen Copa America (13 gol), dan sekarang menjadi pencetak gol terbanyak ketiga sepanjang sejarah turnamen, sejajar dengan lima pemain lain.

5. Edison Flores mencetak golnya yang ke-13 bersama Peru, semuanya dengan Ricardo Gareca sebagai pelatih; atau hanya kalah dari Paolo Guerrero (16 gol) sejak pelatih asal Argentina itu membesut Peru.

6.Torehan Eduardo Vargas sepanjang kariernya telah mencetak 38 gol untuk Chile, dan 7 gol diantaranya pernah dicetak saat ia tampil menghadapi Peru. (ren)