Alisson: Mana Bisa Saya Dapat Ballon d'Or

Penjaga gawang Timnas Brasil, Alisson Becker
Sumber :
  • Instagram/@cbf_futebol

VIVA – Tak diragukan lagi, sosok Alisson Becker adalah salah satu kunci sukses Timnas Brasil menembus partai final Copa America 2019. Bagaimana tidak, penjaga gawang berusia 26 tahun ini belum merasakan kebobolan lagi dalam waktu yang lama.

Alisson tampil gemilang di sepanjang turnamen paling prestisius di Amerika Latin ini digelar. Tangguhnya kiper yang bermain untuk klub Premier League, Liverpool, bisa dilihat dari catatan statistiknya. Ya, Brasil belum sekali pun kebobolan. 

Ternyata, bukan cuma di Copa America saja Alisson tak kebobolan. Sebab saat membela The Anfield Gang musim lalu, eks kiper AS Roma ini juga sudah lama tak kebobolan. Alisson sukses mencatat clean sheet dalam sembilan pertandingan terakhirnya di semua kompetisi.

Total, Alisson tak kebobolan dalam 846 menit bersama Liverpool dan Timnas Brasil. Terakhir kali gawang Alisson bobol adalah pada 4 Mei 2019, saat Liverpool berhadapan dengan Newcastle United.

Setelah berhasil membawa Liverpool juara Liga Champions 2018/2019, Alisson berpeluang besar membawa Selecao juara Copa America 2019. Andai berhasil mengalahkan Peru di laga final nanti, Alisson akan meraih gelar perdananya bersama Timnas Brasil senior.

Banyak yang menilai, Alisson layak mendapatkan penghargaan pemain terbaik sejagat, Ballon d'Or. Akan tetapi, sang pemain justru pesimis bisa meraih gelar tersebut. Menurutnya, posisinya sebagai penjaga gawang jadi faktor utama dirinya ragu bisa meraih Ballon d'Or. 

Alisson ada benarnya. Sebab sejak penghargaan Ballon d'Or digelar pada 1956, hanya ada satu pemain yang berposisi penjaga gawang yang mampu meraih gelar itu. Satu-satunya sosok itu adalah legenda Timnas Uni Soviet, Lev Yashin.

"Saya hanya membatasi diri saya untuk melakukan pekerjaan. Ada banyak pemain top yang bercita-cita mendapatkan penghargaan itu (Ballon d'Or). Saya hanyalah seorang penjaga gawang," ujar Alisson dilansir Marca.

Selanjutnya, Alisson akan kembali menjadi andalan Brasil dalam laga final Copa America 2019 kontra Peru. Duel Brasil melawan Peru akan digelar di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Senin 8 Juli 2019 dini hari WIB.