7 Fakta Menarik Usai Argentina Raih Peringkat Ketiga Copa America 2019

Skuat Timnas Argentina di Copa America 2019
Sumber :
  • Twitter/@Argentina

VIVA – Meski telah dipastikan gagal merebut gelar trofi Copa America 2019, namun tim nasional Argentina setidaknya boleh sedikit tersenyum berkat torehan peringkat ketiga yang dikemas Lionel Messi cs kala melumat Chile, Minggu dini hari WIB 7 Juli 2019 di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil.

Armada besutan Lionel Scaloni berhasil menang 2-1 berkat gol Sergio Aguero dan Paolo Dybala, sedangkan Chile hanya bisa membalas satu gol lewat eksekusi penalti Arturo Vidal menit 59.

Pencapaian ini jadi torehan yang cenderung menurun bagi timnas Argentina, di mana dalam dua edisi sebelumnya tim Tango menjadi runner up.

Sejumlah fakta menarik pun mengemuka usai tim berjuluk "La Albiceleste" mengakhiri  turnamen ini dengan kalungan medali perunggu, seperti dilansir Opta Javier berikut ini:

1. Argentina tetap tak terkalahkan dari Chile sepanjang sejarah turnamen Copa America (21 menang, 7 imbang); ini adalah rekor pertemuan paling banyak tanpa kekalahan (tidak termasuk adu penalti) dalam sejarah Copa America.

2. Argentina selalu finis di posisi tiga besar pada lima kali Copa America dalam enam edisi terakhir yakni sebagai runner up (2004, 2007, 2015, 2016) dan posisi ketiga (2019). Ada pun La Albiceleste cuma mentok sampai perempatfinal pada edisi 2011.

3. Dalam 6 edisi Copa America terakhir, hanya ada dua2 laga dengan 2 kartu merah di babak pertama, dan keduanya adalah pertemuan antara Argentina dan Chile: Marcelo Díaz & Marcos Rojo (final, 2016) serta Lionel Messi & Gary Medel (perebutan peringkat 3, 2019).

4. Lionel Messi membuat penampilannya yang ke-27 di Copa America (menyalip Javier Mascherano dengan 26 caps) dan jadi pemain timnas Argentina dengan catatan penampilan terbanyak dalam sejarah turnamen Copa America.

5. Lionel Messi mendapat kartu merah kedua dalam karier profesionalnya di laga lawan Chile dini hari tadi, setelah pertama kalinya diganjar saat debut seniornya untuk timnas Argentina pada laga kontra Hungaria, 17 Agustus 2005.

6. Assist Lionel Messi kepada Sergio Aguero dalam gol pembuka Argentina ke gawang Chile itu adalah assist ke-40 Messi untuk timnas Argentina dan yang ke-8 dia berikan kepada Agüero (dia hanya memberi lebih banyak kepada Gonzalo Higuaín yakni 9 assist).

7. Sergio Aguero jadi pemain Argentina ketiga yang mencetak gol dalam 8 laga Copa America, dimana hanya ada 2 pemain lain yang melakukannya di timnas Argentina yakni Norberto Méndez dan Gabriel Batistuta dengan 10 laga.