Belajar Bahasa Jerman, Mourinho Latih Klub Bundesliga?

Jose Mourinho saat masih menangani Manchester United
Sumber :
  • Instagram/@manchesterunited

VIVA – Sudah tujuh bulan Jose Mourinho lepas dari ingar bingar sepak bola. Terakhir kali dia menangani Manchester United selama hampir dua setengah tahun. 

Namun, kariernya tak berjalan mulus, Mourinho menjadi pengangguran pada Desember 2018, dan posisinya digantikan Ole Gunnar Solskjaer.

Setelah dipecat, isu liar sempat bertebaran tentang masa depan pelatih berjuluk The Special One itu. Ia dikait-kaitkan dengan sejumlah klub besar semisal Juventus, Newcastle, Benfica, dan Olympique Lyon. Paris Saint-Germain, hingga klub Liga China, Guangzhou Evergrande.

Tapi, itu hanya menjadi isapan jempol belaka karena Mourinho masih saja belum memutuskan masa depannya. Di tengah waktu luangnya, Mourinho lebih sering terlihat menyaksikkan pertandingan olahraga di luar sepak bola. Baru-baru ini, Mourinho terlihat hadir di turnamen tenis Wimbledon, lalu menonton balapan Formula 1 di Silverstone.  

Pengakuan Mourinho, selama tak melatih klub dia tak melulu berwisata. Saat ini dirinya sedang memperbarui pengetahuannya sebagai pelatih atau manajer sepak bola. Salah satunya adalah dengan mempelajarai bahasa Jerman.

"Sekarang saya sedang belajar bahasa Jerman. Saya dulu tak tahu bahasa ini. Saya bisa berbicara dalam bahasa Inggris, Spanyol, Portugal, Prancis, dan Italia. Saya tak mengesampingkan apapun, bahkan termasuk bahasa Jerman," kata Mourinho, dikutip Goal Internasional.

Jerman memang menjadi salah satu negara yang belum 'ditaklukkan' Mourinho sebagai pelatih. Selama kariernya, dia sudah menangani klub-klub besar seperti Porto, Inter Milan, Real Madrid, Chelsea, dan Manchester United. Mungkin, pada lembaran baru ini, dengan usahannya menambah perbendaharaan bahasa Jerman, Mourinho akan menjadi pelatih di salah satu klub Bundesliga.