Lolos ke Final Piala Afrika 2019, Bek Andalan Senegal Malah Sedih

Bek Timnas Senegal dan Napoli, Kalidou Koulibaly.
Sumber :
  • Calciomercato

VIVA – Keberhasilan melaju ke final Piala Afrika 2019 adalah kebanggaan yang luar biasa bagi segenap pemain Timnas Senegal. Namun, bagi bek Timnas Senegal Kalidou Koulibaly, ada rasa sedih dihatinya, karena ia dipastikan absen di final nanti.

Pada laga semifinal melawan Tunisia, penggawa Napoli ini mendapatkan kartu kuning usai mengadang bola yang meluncur ke gawang Senegal dengan tangannya. Hal itu membuat terkena akumulasi, karena pada sebelumnya ia sudah mengantongi kartu kuning ketika laga melawan Uganda.

"Laga final adalah laga yang memberikan kebahagiaan bagi segenap orang dan kami bangga akan hal itu. Akan menyakitkan tak dapat bermain pada laga tersebut," tulis Koulibaly di akun Twitter pribadinya.

Meski begitu, Koulibaly tetap bertekad untuk memberikan kontribusi lain. "Saya akan tetap berada di samping saudara-saudaraku untuk menulis sejarah," ucapnya.

Senegal memastikan lolos ke final Piala Afrika 2019 setelah menang 1-0 atas Tunisia pada semifinal, Minggu malam WIB, 14 Juli 2019. Laga tersebut diwarnai dua eksekusi penalti yang gagal berbuah gol. Kepastian lolos ke final didapatkan Senegal berkat gol bunuh diri bek lawan, Dylan Brown, pada menit ke-100.

Pada laga final nanti, Senegal akan bertemu Aljazair yang menyingkirkan Nigeria dengan skor 2-1 berkat gol tendangan bebas Riyad Mahrez pada menit akhir injury time. Bagi timnas Senegal, ini merupakan final kedua pada ajang Piala Afrika.

Kesempatan pertama mereka cicipi di final Piala Afrika 2002, mereka kalah 2-3 dari Kamerun lewat adu penalti. Makanya, andai edisi ini berhasil juara, nama Kalidou Koulibaly cs, akan tercatat dalam tinta emas sejarah sepakbola Senegal.