Pemain Buangan Chelsea Bantu Arsenal Bantai Fiorentina di ICC 2019

Pemain muda Arsenal, Eddie Nketiah
Sumber :
  • Twitter Arsenal

VIVA – Arsenal berhasil meraih kemenangan meyakinkan atas Fiorentina pada laga uji coba bertajuk International Champions Cup (ICC). Bermain di Stadion Bank of America, Minggu 21 Juli 2019, The Gunners menang dengan skor 3-0. 

Pasukan Unai Emery langsung menekan sejak peluit dibunyikan. Mereka mendapatkan hasilnya pada menit ke-15, setelah Eddie Nketiah berhasil mencatatkan namanya di papan skor.  

Pemain muda berusia 20 tahun itu berhasil memperdaya dua bek Fiorentina di dalam kotak penalti dan melakukan tendangan keras terukur ke gawang. Pietro Terracciano tak mampu membendung dan skor pun berubah 1-0 untuk Arsenal. 

Usai kebobolan, Fiorentina mencoba memberikan respons. Sejumlah peluang berhasil mereka dapatkan.

Akan tetapi, barisan pertahanan Arsenal masih cukup tangguh untuk menghalaunya. Sebaliknya Arsenal, setelah unggul cepat mereka menurunkan intensitas serangannya dan mencoba bermain menunggu.

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga 45 menit babak pertama. Arsenal untuk sementara unggul 1-0 atas Fiorentina.

Pada babak kedua, Arsenal kembali mengambil alih serangan lebih dulu. Pada menit ke-56 mereka mendapatkan peluang emas melalui tendangan bebas Lacazette, akibat Nketiah dilanggar. Hanya saja tendangan Lacazette masih tipis di atas mistar gawang.

Arsenal terus saja memberi gempuran untuk Fiorentina pada awal babak kedua. Sementara itu, Fiorentina masih kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Pada menit ke-65, Arsenal berhasil menggandakan keunggulan. Lagi-lagi melalui aksi dari Nketiah. Gol bermula dari kerja sama Mkhitaryan dan Lacazette di depan mistar gawang.

Nketiah berada di posisi yang tepat dan tidak ada penjagaan di dalam kotak penalti. Dengan mudah dia menyarangkan bola umpan dari Lacazette, skor berubah untuk Arsenal 2-0.

Fiorentina tetap masih kesulitan menciptakan sebiji gol. Peringkat kedelapan Serie A musim lalu itu baru mendapatkan peluang pada menit ke-85 melalui Saponara.

Hanya saja tendangannya masih melenceng. Alih-alih menipiskan jarak, Fiorentina malah kebobolan untuk ketiga kalinya.

Kali ini gol Arsenal dicetak oleh Joe Willock. Tendangannya dari kotak penalti tak dapat dibendung Dragowski. Skor 3-0 untuk Arsenal. Tak lama setelah gol ketiga, wasit pun meniup peluit akhir, Arsenal pun mendapatkan kemenangan keduanya pada tur pramusim ini. 

Bagi Eddie Nketiah, dua gol pada laga ini menjadi yang ketiga untuknya di kampanye pramusim Arsenal. Sebelumnya dia berhasil menjadi pahlawan untuk Arsenal saat bersua Bayern Munich. Dia mencetak gol pamungkas dan membuat Arsenal menang 2-1

Nketiah merupakan produk binaan Chelsea. Dia bergabung dengan rival sekota Arsenal itu di Tim U-14 dan pernah mencetak gol ketika kedua tim bertemu.

Tak disangka, Chelsea justru membuang pemainnya itu pada 2015 karena Nketiah dianggap memiliki tubuh terlalu kecil untuk pemain seusianya. Arsenal pun bergerak cepat untuk mengamankannya. Kini, dia dijuluki oleh rekannya titisan Thierry Henry.

Susunan Pemain

Arsenal: Bernd Leno (Emiliano Martinez 46'), Nacho Monreal (Gabriel Martinelli 80'), Shkodran Mustafi, Calum Chambers (H. Mkhitaryan 63'), Sead Kolasinac (A. Lacazette 46'), James Olayinka (S. Papastathopoulos 63'), Robbie Burton, Carl Jenkinson (Granit Xhaka 80'), Bukayo Saka (Joe Willock 63'), Reiss Nelson (Mesut Oezil 79'), Eddie Nketiah, 

Fiorentina: Pietro Terracciano (B. Dragowski 56'), Federico Ceccherini, Lorenzo Venut, Aleksa Terzic, Luca Ranieri (Nikola Milenkovic 72), Sebastian Cristoforo, Gaetano Castrovilli (Szymon Zurkowski 46'), Riccardo Sottil, Marco Benassi (David Hancko 72'), Riccardo Saponara, Gaetano Castrovilli, Dusan Vlahovic (Giovanni Simeone 70')