AFF Bergerak Selidiki Dugaan Pencurian Umur Kapten Timor Leste

Pertandingan Piala AFF U-16 antara Timnas Indonesia U-16 melawan Timor Leste
Sumber :
  • Instagran/@officialpssi

VIVA – Turnamen Piala AFF U-16 2019 masih berada di fase grup. Namun, satu kontroversi besar muncul dari salah satu kontestan.

Adalah tim Timor Leste U-16 yang saat ini jadi sorotan. Bagaimana tidak, mereka disebut melakukan pencurian umur pada salah satu pemainnya, yakni Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas.

Sosok yang juga berstatus kapten dari tim Timor Leste U-16 itu diduga bukanlah anak berusia 15 tahun melainkan 22 tahun! Dugaan itu muncul setelah nama dan fotonya terpampang di situs AFF sebagai salah satu pemain tim Timor Leste senior di Piala AFF 2018.

Foto tersebut menunjukkan pemain dengan nama dan wajah yang "sama" dengan Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas yang turut bermain di Piala AFF U-15 2019.

Benar-benar sebuah kebetulan jika keduanya bisa memiliki wajah dan perawakan yang sama namun dengan usia yang terpaut cukup jauh.

Uniknya, pemain "serupa" juga memiliki rekam jejak di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Bahkan, dia juga turut menyumbang empat gol.

Menanggapi situasi ini, AFF tak tinggal diam. Dalam keterangan resminya, mereka bakal melakukan investigasi untuk mengungkap kasus ini.

"Pada 29 Juli 2019, AFF menerima surat protes dari salah satu tim peserta tentang kelayakan salah satu pemain di Piala AFF U-16 yang sedang berlangsung. Protes itu sudah diterima dan AFF sedang melakukan investigasi," tulis AFF dikutip Fox Sports Asia.

"Maka itu, AFF meminta pada pihak terkait untuk membangun fakta-fakta. Begitu investigasi selesai dan keputusan telah diambil, AFF akan memberikan keterangan resmi pada media," lanjut pernyataan tersebut.

Saat ini, Paulo Freitas merupakan top skor sementara Piala AFF U-16 2019. Dia sudah melesakkan lima gol yang salah satunya bersarang ke gawang Indonesia pada lanjutan laga di Grup A.