Pelath Timnas Indonesia Pilih Virgil Van Dijk

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy
Sumber :
  • Instagram/@simonmcmenemy

VIVA  - Sepuluh pemain yang masuk dalam daftar nominasi peraih penghargaan pemain terbaik dunia versi FIFA, sudah dirilis. Memiliki hak suara dalam pemilihan, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, mengakui memilih Virgil van Dijk, benteng kokoh pertahanan klub elite Premier League dan Timnas Belanda, Virgil van Dijk.

Nama Van Dijk menjadi salah satu dari dua pemain Liverpool yang masuk dalam daftar nominasi pemain terbaik versi FIFA. Selain itu, defender berusia 28 tahun ini juga jadi salah satu pemain belakang yang berpeluang meraih gelar ini, selain kompatriotnya, Matthijs de Ligt (Ajax Amsterdam/Timnas Belanda).

McMenemy tak ragu menyebut bahwa ia memilih Van Dijk. Juru taktik asal Skotlandia ini juga punya alasan tersendiri mengapa ia menjatuhkan pilihannya kepada eks pemain belakang Celtic FC dan Southampton itu.

"Virgil Van Dijk, semua pemain di posisi menyerang biasanya lebih mendapat pengakuan tetapi Van Dijk telah menjadi sumber kekuatan dan kemampuan untuk klub maupun negaranya. Untuk Liverpool dia menjadi perbedaan yang mengantar mereka ke tangga juara Liga Champions. Untuk Belanda, dia membawa mereka ke final Nations League," kata Simon dikutip Pssi.org.

"Bagi saya dia pemain paling komplet di posisinya di dunia sepakbola. Sementara, di posisi-posisi lain ada ruang untuk perdebatan," ujarnya.

Musim lalu, Van Dijk berhasil membawa Liverpool merengkuh trofi Liga Champions. The Anfield Gang sukses menggondol gelar kelima di Benua Biru, usai mengalahkan klub Inggris lainnya, Tottenham Hotspur, dengan skor 2-0 pada laga final di Wanda Metropolitano, Madrid.

Selain Van Dijk, dua bintang The Reds lainnya, Mohamed Salah dan Sadio Mane juga masuk dalam daftar nominasi. Dua megabintang, Lionel Messi serta Cristiano Ronaldo juga ada. Sementara itu pemain lainnya yang juga masuk dalam daftar ini adalah De Ligt, Frankie De Jong, Eden Hazard, Harry Kane, dan Kylian Mbappe. (ren)