Lacazette Jadi Pahlawan, Arsenal Bekuk Olympiakos

Bomber Arsenal, Alexandre Lacazette
Sumber :
  • Twitter/@EuropaLeague

VIVA – Arsenal berhasil mencuri kemenangan kala bertandang ke markas Olympiakos pada leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Stadio Georgios Karaiskaki, Jumat dini hari WIB 21 Februari 2020. Gol tunggal Alexandre Lacazette memberi modal positif jelang leg kedua.

Tuan rumah mengambil inisiatif serangan dan langsung mendapat peluang emas di menit kedua. Umpan silang Omar Elabdellaoui menghadirkan kemelut di depan gawang yang sayangnya gagal dimaksimalkan oleh Mathieu Valbuena untuk mengubah papan skor.

Perlahan, The Gunners coba lepas dari tekanan. Peluang didapat pada menit kedelapan lewat kerja sama Pierre-Emerick Aubameyang dengan Alexandre Lacazette. Sayang, nama terakhir gagal mengarahkan bola ke gawang.

Lacazette kembali membuang kesempatan emas untuk membawa timnya unggul di menit 20. Mendapat bola dari Gabriel Martinelli, pemain asal Prancis itu lagi-lagi melepaskan tembakan tak terarah. Padahal, dia berdiri tanpa kawalan dan jaraknya cukup dekat dengan gawang.

Asyik menyerang, Arsenal mendapat ancaman dari Olympiakos enam menit kemudian. Beruntung, Bernd Leno tampil prima untuk mementahkan peluang tersebut. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Arsenal langsung menggebrak di awal babak kedua. David Luiz dengan senjata andalannya melalui tendangan bebas memberikan efek kejut di menit 51. Sayang, tembakannya masih menyamping di sisi kiri gawang Jose Sa.

Tak mau kalah, Olympiakos juga menebar ancaman lewat tendangan bebas. Beruntung, Leno berhasil menepis tembakan Valbuena di menit 75 dan bola liar langsung disapu oleh barisan pertahanan The Gunners.

Setelah berulang kali gagal, tim asuhan Mikel Arteta itu akhirnya tersenyum di menit 81. Kerja sama Aubameyang dan Bukayo Saka dituntaskan dengan manis oleh Lacazette.

Saka mengirim umpan tarik yang melewati dua pemain Olympiakos sebelum disambar oleh eks penggawa Olympique Lyon dan mengubah skor jadi 1-0.

Empat menit kemudian, Lacazette kembali mencetak peluang setelah melepaskan tembakan keras tepat di depan kotak penalti. Tapi, kali ini Jose Sa dengan sigap menepis bola tersebut.

Tak ada lagi gol tercipta di sisa laga. Arsenal pulang dengan kemenangan tandang 1-0 sebelum gantian menjamu tim asal Yunani tersebut di Emirates Stadium.

Susunan Pemain

Olympiakos: Jose Sa (PG); Omar Elabdellaoui, Ruben Semedo, Ousseynou Ba, Konstantinos Tsimikas, Andreas Bouchalakis (Konstantinos Fortounis 65'), Mohamed Camara, Guilherme, Giorgos Masouras (Maximiliano Lovera 75'), Mathieu Valbuena, Youssef El-Arabi.

Arsenal: Bernd Leno (PG); Shkodran Mustafi, Sokratis Papastathopoulos (Alex Maitland-Niles 90'), David Luiz, Bukayo Saka, Matteo Guendouzi, Granit Xhaka, Gabriel Martinelli (Dani Ceballos 58'), Joe Willock (Nicolas Pepe 75'), Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette.