2 Tim Dinilai Paling Siap Hadapi Liga 1, Salah Satunya Persija

Pelatih asal Brasil, Jacksen F Tiago
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA – Sudah seminggu terakhir ini, salah satu kontestan Liga 1, Barito Putera, berada di Jakarta. Mereka menjalani pemusatan latihan jelang bergulirnya musim 2019 di Lapangan ABC, Jakarta.

Hal ini dilakukan lantaran pelatih Laskar Antasari, Jacksen F Tiago, menilai persaingan di Liga 1 musim ini akan semakin ketat. Terbukti, turnamen pramusim Piala Presiden menghadirkan juara baru yakni Arema FC.

Meski demikian, Jacksen menyebut ada dua tim yang paling siap menyambut Liga 1 selain Arema FC maupun timnya asuhannya. Dua tim tersebut adalah PSM Makassar dan Persija Jakarta. 

Alasannya, kedua tim tersebut saat ini sudah tampil di dua kompetisi sekaligus (Piala AFC dan Piala Indonesia). Padahal, klub-klub peserta Liga 1 lainnya masih dalam proses persiapan.

"PSM dan Persija saat ini level mereka ada di AFC. Sehingga level mereka dari segi persiapan jauh di atas semua kontestan. Persija dan PSM menjalani materi yang lebih tinggi daripada liga. Hal ini pasti membuat mereka punya kelebihan," ucap Jacksen kepada wartawan. 

"Untuk musim ini akan lebih berat dari musim lalu. Saya merasa kekuatan tim-tim cukup rata. Tapi masih terlalu dini menilainya," jelas pelatih berdarah Brasil itu. 

Persija dan PSM memang sama-sama berlaga di Piala AFC 2019. Namun, nasib kedua tim tersebut berbeda. Tim berjuluk Macan Kemayoran dipastikan gagal lolos dari fase grup, sementara PSM berhasil melaju ke semifinal zona ASEAN dengan status juara Grup H.