Suporter Rusuh, Sekjen PSSI Minta Panpel PSS Sleman Tanggung Jawab

Rusuh Suporter PSS Sleman vs Arema
Sumber :
  • VIVA.co.id/Robby Yanto

VIVA – Kemenangan 3-1 PSS Sleman atas Arema FC harus tercoreng. Pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu 15 Mei 2019, diwarnai kericuhan antara suporter tuan rumah dengan suporter Arema FC.

Pertandingan sempat dihentikan pada menit ke-31. Musababnya, kedua kelompok suporter terlibat aksi saling lempar yang dipicu saling mengejek. Kerusuhan menyebabkan puluhan penonton mengalami luka. Tak hanya itu, polisi yang coba menghentikan kerusuhan tak luput dari lemparan benda tumpul.

Kerusuhan membuat suporter dari kaum ibu-ibu dan anak kecil panik. Mereka pun nekat untuk memanjat pagar demi mengamankan diri ke tribun VVIP dan tribun media.

Suasana sesak di tribun VVIP membuat tamu undangan seperti Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria, anggota Komite Eksekutif PSSI Gusti Randa, dan Direktur Interim PT LIB Dirk Soplanit, harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman. 

Saat evakuasi, Tisha ternyata terkena lemparan di bagian bahunya. Beruntung, ia tidak mengalami luka serius. Hanya saja, terpancar wajah sedih dari raut wajah wanita kelahiran 30 Desember 1985 itu. Ia menyayangkan pertandingan yang merupakan partai pembuka musim ini harus diwarnai kerusuhan.

Tisha meminta pertanggungjawaban berupa laporan pertandingan dari pihak Panitia Pelaksana (Panpel) atas peristiwa tersebut untuk dijadikan evaluasi. 

"Yang pasti sangat menyesalkan insiden ini, dan kami (PSSI) menunggu laporan panpel. Harus diusut secara tuntas bagaimana kejadian yang sebenarnya. Kita lihat dari panpel seperti apa, dan nanti panpel melaporkan ke PT LIB selaku operator Liga 1, lalu LIB melaporkan ke PSSI," tegas Tisha.

Meski demikian, Tisha tetap optimistis insiden kericuhan pada laga perdana ini tidak akan mengganggu jalannya kompetisi yang sudah direncanakan secara matang.

"Tentu sangat menyayangkan dengan adanya kerusuhan ini. Sepakbola harusnya menjadi hiburan. Soal kompetisi, kita yang harus membuat diri kita yakin. Kita kerja keras untuk menciptakannya," tuturnya. (ase)

Lihat video detik-detik terjadinya kericuhan laga PSS Sleman vs Arema FC di bawah ini: