Tebas Persija, Bali United Petik 3 Kemenangan Beruntun

Pertandingan Liga 1 2019 antara Bali United melawan Persija Jakarta
Sumber :
  • Instagram/@persijajkt

VIVA – Bali United kembali meraih kemenangan saat berhadapan dengan juara bertahan, Persija Jakarta, dalam laga pekan ke-3 Liga 1 2019. Menjamu Persija di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, armada Serdadu Tridatu menang tipis 1-0, Jumat 31 Mei 2019 WIB.

Baik Bali United maupun Persija sama-sama tampil dengan kekuatan penuh dalam laga ini. Sehingga, duel ketat sepanjang 90 menit tak terhindarkan.

Didukung ribuan Semeton Dewata, Bali United tampil dominan sepanjang pertandingan. Sementara Persija, pasukan Ivan Kolev lebih banyak bertahan dan mencoba memaksimalkan serangan balik.

Persija mendapat peluang lebih dulu lewat aksi Bruno Matos di menit 10. Sayang, sepakan gelandang serang asal Brasil ini masih bisa diantisipasi oleh kiper Bali United, Wawan Hendrawan. Bola kemudian sempat muntah lantaran tak sempurna ditangkap Wawan. Akan tetapi, Marko Simic yang mencoba memanfaatkannya malah gagal.

Menit 26, Bali United berpeluang mencuri gol lewat aksi Stefano Lilipaly. Sayang, tendangan bebas eks gelandang Persija ini masih belum maksimal.

Jelang babak pertama berakhir, kiper Persija, Shahar Ginanjar melakukan blunder fatal. Bermaksud menghalau ke luar, bola malah mengarah ke gawangnya sendiri. Beruntung, bola akhirnya bergulir ke luar lapangan. 
Hingga pertandingan babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta. Skor sementara sama kuat 0-0.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, tensi pertandingan kian meninggi. Striker Bali United, Ilija "Spaso" Spasojevic, nyaris membawa timnya unggul di menit 48. Sayang, bola hasil sepakannya masih melenceng.

Persija kemudian membuat peluang lagi di menit 63 lewat aksi Marko Simic. Mencoba memaksimalkan umpan silang, Simic yang berdiri bebas malah tak bisa mengontrol bola dengan baik dan gagal mengonversi umpan menjadi gol.

Tujuh menit berselang, Simic juga gagal memanfaatkan umpan Ramdani Lestaluhu. Bola hasil sepakan kaki kiri bomber Kroasia ini malah melambung di atas mistar gawang.

Senasib dengan Simic, Spaso juga kembali gagal memaksimalkan peluang di menit 81. Menerima sodoran umpan terobosan, tembakan keras penyerang naturalisasi Indonesia ini melenceng di sisi kanan gawang.

Gol yang ditunggi Bali United akhirnya datang di menit 84. Adalah eks bintang Bhayangkara FC, Paulo Sergio, yang mampu membobol gawang Andritany Ardhiyasa yang masuk menggantikan posisi Shahar. Menerima umpan Brwa Nouri, sepakan chip Sergio meluncur ke gawang dengan mulus.

Setelah itu, Persija sempat mendapat dua peluang lewat aksi Novri Setiawan dan Bruno. Akan tetapi, usaha keduanya masih belum membuahkan hasil.

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga wasit mengakhiri pertandingan. Bali United berhasil menyegel kemenangan tipis 1-0 atas Persija dalam laga ini. Kemenangan ini jadi yang ketiga beruntun diraih oleh pasukan Stefano Cugurra Teco. 

Saat ini, Bali United berada di posisi kedua klasemen dengan catatn 9 poin. Raihan ini sama dengan yang dicatat Madura United di puncak klasemen. Hanya saja, Bali United kalah produktivitas gol dari Madura United.

Sementara bagi Persija, ini adalah kekalahan kedua beruntun yang ditelan armada Macan Kemayoran. Hingga pekan ke-3, Persija belum mampu meraih kemenangan dan masih tercecer di urutan ke-16 klasemen dengan raihan 1 poin. 

Susunan Pemain:

Bali United: Wawan Hendrawan (gk); Andhika Wijaya, Leonard Tupamahu, Willian Pacheco, Ricky Fajrin, Brwa Nouri, Fadil Sausu (Muhammad Taufiq'73), Paulo Sergio, Stefano Lilipaly, Yabes Roni (Irfan Bachdim'58), Ilija Spasojevic (Gunawan Dwi Cahyo'90).

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar (gk) (Andritany Ardhiyasa'78); Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Steven Paulle, Tony Sucipto, Rohit Chand, Sandi Sute (Ramdani Lestaluhu'66), Riko Simanjuntak (Yogi Rahadian'84), Novri Setiawan, Marko Simic.