Demi Prestasi PSM di Asia, Arema FC Rela Laga Ditunda

Latihan tim Arema FC.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Laga Arema FC melawan PSM Makassar mengalami penundaan, dari yang seharusnya digelar pada Minggu 23 Juni 2019, menjadi belum ada kepastian. Penundaan ini atas permintaan PSM, karena bakal berlaga di semifinal AFC Cup 2019.

PT Liga Indonesia Baru, akhirnya mengabulkan permintaan PSM, demi mewakili Indonesia di ajang internasional. PSM bakal menghadapi Becamex Binh Duong di Vietnam pada 19 Juni 2019. Kemudian, di leg kedua bakal bermain di Stadion Andi Mattalatta pada 26 Juni 2016.

"Secara manajerial dan tim, sebenarnya ada plus dan minusnya. Plusnya untuk Arema kan ada tiga pemain yang di Timnas, kemudian Sylvano Comvalius baru bergabung satu pekan sebelum Liga. Sisi positifnya bisa beradaptasi lebih lama," kata General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, Senin 17 Juni 2019.

Ruddy menceritakan pengalaman pahit Arema, saat berlaga di AFC. Saat itu jadwal yang didapat Arema cukup padat dengan kompetisi Liga 2014. Sebelum menghadapi Selanggor FA di Stadion Kanjuruhan, Malang, Singo Edan menghadapi Persib Bandung di kandangnya.

"Akhirnya prestasi di AFC kita menang, tetapi enggak lolos. Berdasarkan hal itu, cukup Arema yang mengalami," ujar Ruddy.

Ruddy mengungkapkan, sebenarnya jadwal bertemu Arema pada 26 Juni mendatang, merupakan usulan PSM ke PT LIB. Arema pun menyepakati hal itu.

Kini, PSM kembali mengajukan penundaan. Meski begitu, Arema tak mempermasalahkannya. Arema justru mendoakan PSM lolos dari semifinal dan mengalahkan Binh Duong.

"Tapi okelah saat ini di tunda lagi, mudah-mudahan prestasi PSM di semifinal bisa fokus di AFC. Dan, sebagai sesama klub yang pernah mengalami hal sama, tentu Arema support ke PSM. Asalkan, demi negara Timnas dan klub yang tampil di AFC Arema bakal suport," tutur Ruddy. (asp)