RD Beberkan Kunci Tira Persikabo Taklukkan Arema

Pemain Tira Persikabo rayakan gol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.

VIVA – Tira Persikabo berhasil membawa tiga poin dari kandang Arema FC. The Army menang dengan skor 2-1 dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Gajayana, Kota Malang, pada Sabtu, 29 Juni 2019.

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, membeberkan kunci keberhasilan timnya meraih kemenangan adalah tetap bermain fokus sepanjang pertandingan. Meskipun dalam kondisi tertekan, tim besutannya tetap fokus.

"Secara keseluruhan pertandingan sangat menarik. Mereka bermain agresif dan mengubah taktik pada babak kedua. Tapi, sekali lagi anak-anak sangat fokus tak terpengaruh dengan apa pun, tak terpengaruh dengan situasi pertandingan," kata Rahmad Darmawan.

Pelatih yang akrab disapa RD tersebut menyebut, pada babak pertama kedua tim sama-sama melakukan serangan. Namun, pada babak kedua Singo Edan lebih mendominasi serangan.

Tira Persikabo hanya mengandalkan sesekali serangan balik. Dia meminta pemain tetap fokus dalam mengorganisasi permainan.

"Tetap fokus bagaimana mengorganisasi permainan dan bagaimana menyerang dan bertahan. Itu yang membawa keberuntungan kami," ujar RD.

Sedari awal, saat sesi latihan, Tira Persikabo telah menyiapkan simulasi serangan Arema FC. Ada dua taktik, pertama cara mengantisipasi lini depan Arema bermain tanpa Sylvano Comvalius dan bermain dengan Comvalius.

"Secara keseluruhan arema bermain agresif. Tapi kita sudah siapkan simulasi bagaimana jika Comvalius tidak main, dan saat Comvalius bermain siapa yang menjaga itu saja sebenarnya," tutur RD.

RD juga berusaha meredam ego para pemain Tira Persikabo. Pada jeda pertandingan, dia meminta salah satu pemain agar tak egois saat mendapat bola.

Dia diminta membagi bola bila temannya mendapatkan kesempatan mencetak gol. Apalagi peluang gol tim tamu dalam pertandingan ini terbilang minim.

"Saya rasa di jeda setelah babak pertama, saya bilang ke salah satu pemain saya, kalau ada teman yang memiliki peluang berikan ke teman. Bantu dia karena ini permainan tim," ungkap RD.