Hujan Gol di GBT, Barito Putera Tahan Persebaya Surabaya

Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra (pakai topeng)
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto

VIVA – Duel panas tersaji pada lanjutan pertandingan Liga 1 2019, yang mempertemukan Persebaya Surabaya melawan Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa 9 Juli 2019. Kedua tim harus puas berbagi poin setelah bermain imbang 2-2.

Selepas kick off, Persebaya langsung tampil dengan tempo cepat. Sedangkan, Barito Putera coba mengancam Bajul Ijo melalui serangan balik.

Laga baru berjalan 9 menit, Persebaya hampir saja unggul. Sayang, sepakan keras dari Irfan Jaya masih melebar di sisi kanan gawang Barito Putera.

Satu menit kemudian, Barito langsung membalas serangan tersebut. Akan tetapi, upaya tendangan jarak jauh dari Samsul Arif belum bisa membuahkan hasil.

Pada menit 15, giliran Rafael Silva yang memperoleh peluang. Namun, tendangan akrobatiknya dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper Persebaya.

Pada pertengahan babak pertama, permainan kedua tim mulai melambat. Beberapa serangan dari Persebaya dengan mudah dipatahkan oleh lini belakang Barito.

Sedangkan, tim tamu hanya menunggu serangan dari Persebaya patah di tengah jalan. Namun, upaya serangan balik dari Laskar Antasari juga kerap gagal menembus pertahanan tuan rumah.

Di menit 32, Barito memiliki peluang lewat tendangan jarak jauh dari Rizky Pora. Beruntung, Miswar Saputra mampu menepis bola tersebut keluar lapangan.

Namun, Persebaya langsung merespons serangan tersebut. Menit 33, kerja sama Manuchekhr Dzhalilov dan Irfan Jaya hampir saja menggetarkan gawang Barito. Akan tetapi, penyelesaian akhir dari Irfan Jaya masih bisa diantisipasi dengan cekatan oleh Adhitya Harlan.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak pertama berakhir, tak ada gol yang tercipta. Duel Persebaya vs Barito untuk sementara skor masih 0-0.

Babak Kedua

Selepas turun minum, kedua kesebelasan tampil lebih agresif. Persebaya dan Barito sama-sama menaikkan intensitas serangan.

Barito mendapatkan kesempatan di awal babak kedua. Namun sayang, sontekan Andri Ibo masih bisa digagalkan oleh Miswar Saputra.

Persebaya langsung membalas pada menit ke-48. Akan tetapi, tembakan spekulasi dari Damian Lizio masih melebar.

Pada menit 53, pergerakan Evan Dimas mampu membuat repot lini belakang Persebaya. Sayangnya, tendangan terukur yang dilepaskan Evan dari luar kotak penalti masih mengarah tepat ke pelukan Miswar Saputra.

Barito kembali mengancam gawang Bajul Ijo pada menit 63. Lagi-lagi Evan Dimas mencoba melepaskan sepakan melengkung dari luar kotak penalti, tapi sayang kali ini tembakannya masih melayang di atas gawang Persebaya.

Gempuran Barito akhirnya membuahkan hasil pada menit 70. Rafael Silva berhasil membobol gawang Persebaya setelah memanfaatkan sapuan tidak sempurna dari Mokhamad Syaifuddin.

Akan tetapi, keunggulan Barito tak bertahan lama. Di menit 79, Damian Lizio sukses menyamakan skor menjadi 1-1 lewat tendangannya, setelah menerima umpan akurat dari Ruben Sanadi.

Selepas skor imbang, ritme permainan semakin cepat. Persebaya hampir saja membalikkan keadaan, tapi sundulan dari Lizio di menit 81, masih belum tepat sasaran.

Barito punya peluang lewat bola mati pada menit 82. Sayangnya, sepakan deras dari Ferdiansyah yang meluncur mulus ke gawang Persebaya bisa di tinju dengan cekatan oleh Miswar Saputra.

Lima menit berselang, suporter tuan rumah bersorak riuh, setelah Manuchekhr Dzhalilov mengoyak gawang Barito lewat sundulannya usai menerima umpan silang dari Ruben Sanadi.

Kemenangan Persebaya yang sudah di depan mata sirna pada masa injury time. Adalah sundulan terbang dari Rafael Silva, yang mampu menggagalkan tiga poin Bajul Ijo.

Hingga pertandingan berakhir, skor 2-2 harus puas diterima oleh Persebaya dan Barito.

Atas hasil ini, Persebaya merangkak naik ke posisi empat klasemen sementara Liga 1 2019, dengan koleksi 12 poin. Sedangkan, Barito Putera tak beranjak dari papan bawah di peringkat ke-15, dengan perolehan 4 poin.

Susunan pemain:

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra (GK); Novan Setya Sasongko, Otavio Dutra, Mokhamad Syaifuddin, Ruben Sanadi; Muhammad Hidayat, Misbakus Solikin (Fandi Eko Utomo 72'), Damian Lizio; Manuchekhr Dzhalilov, Osvaldo Haay, Irfan Jaya.

Barito Putera: Adhitya Harlan (GK); Andri Ibo, Lucas Silva, Donni Monim, Dandi Maulana, Ronny Beroperay; Evan Dimas, Paulo Sitanggang (Ferdiansyah 69'), Rizky Pora (Yakob Sayuri 77'), Rafael Silva; Samsul Arif (Gavin Kwan Adsit 62').