Drama 7 Gol di Derby Kalimantan, Borneo FC Tekuk Barito Putera

Duel antara Borneo FC vs Barito Putera di Liga 1 2019.
Sumber :
  • Instagram/@borneofc.id

VIVA – Derby Kalimantan tersaji dalam lanjutan pertandingan Liga 1 2019 yang mempertemukan Borneo FC vs Barito Putera di Stadion Segiri, Samarinda, Kamis 18 Juli 2019. Borneo sukses merebut tiga poin penuh secara dramatis.

Selepas kick off, kedua tim bermain dengan tempo yang biasa-biasa saja. Borneo tampak hati-hati dalam membongkar lini pertahanan Barito Putera.

Baru pada menit ke-10 tuan rumah bisa mengancam gawang Barito lewat tendangan jarak jauh yang dilepaskan oleh Renan Silva. Sayang, sepakannya masih lemah, dan dengan mudah bisa ditangkap oleh M. Riyandi.

Barito coba membangun serangan lewat sisi sayap. Pada menit 22, umpan silang Rizky Pora ke dalam kotak penalti hampir saja membobol gawang Borneo. Beruntung, Abdul Rahman mampu menyapu bola liar keluar lapangan.

Pada menit 29, suporter tuan rumah sontak riuh setelah Asri Akbar membobol gawang Barito. Memanfaatkan bola muntah hasil tendangan bebas dari Mahadirga Lasut, Asri Akbar dengan cermat langsung mengelabui kiper Barito.

Sepuluh menit kemudian, Barito mendapatkan hadiah penalti setelah Wildansyah melakukan handball. Namun sayang, eksekusi dari Samsul Arif digagalkan tiang gawang.

Apes bagi Barito, setelah gagal memanfaatkan penalti. Serangan balik dari Borneo berhasil berbuah gol berkat kecepatan Terens Puhiri yang tak mampu dihentikan oleh barisan pertahanan Barito.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, Borneo mampu unggul 2-0 atas Barito.

Babak Kedua

Selepas turun minum, Barito langsung tampil agresif. Sedangkan, Borneo menerapkan ritme yang tidak terlalu cepat.

Agresivitas dari Barito akhirnya membuahkan hasil pada menit 48. Rizky Pora sukses mengoyak gawang Nadeo Argawinata setelah memaksimalkan umpan terobosan dari Dandi Maulana.

Pada menit 55, Borneo kembali kecolongan. Umpan mendatar yang dikirim Rafael Silva berhasil di konversi menjadi gol oleh Gavin Kwan Adsit lewat kaki kirinya.

Skor kembali imbang membuat Borneo keluar menyerang. Menit 58, Renan Silva mampu membawa Pesut Etam unggul setelah tendangan kaki kirinya meluncur deras ke gawang Barito.

Keunggulan Borneo tak bertahan lama, pada menit 65 Barito kembali mampu menyeimbangkan skor setelah sundulan Rafael Silva menerjang gawang Nadeo Argawinata.

Menit 70, Borneo hampir saja menambah gol. Akan tetapi, tendangan spekulasi dari Ambrizal Umanailo masih melayang di atas mistar gawang Muhammad Riyandi.

Lima menit berselang, Borneo akhirnya bisa unggul lagi setelah mendapatkan hadiah penalti. Matias Conti yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Di sisa waktu yang ada, jual-beli serangan dari kedua tim tak terelakkan. Namun, tak ada lagi gol yang tercipta.

Wasit pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Borneo sukses mengunci kemenangan 4-3 atas Barito.

Atas kemenangan ini, Borneo naik ke urutan tujuh klasemen sementara Liga 1 2019 dengan koleksi 13 poin. Sedangkan, Barito Putera harus turun ke peringkat 15 dengan perolehan tujuh poin.

Susunan pemain

Borneo FC: Nadeo Argawinata; Wildansyah, Diego Michiels, Abdul Rahman, Javlon Guseynov, Mahadirga Lasut (Wahyudi Hamisi 65'), Renan Silva, Ambrizal Umanailo, Finky Pasamba (Asri Akbar 26'), Matias Conti (Lerby Eliandry 80'), Terens Puhiri.

Barito Putera: Muhammad Riyandi; Roni Beroperay, Lucas Silva, Nazar Nurzaidin, Donny Harold Monim, Dandi Maulana (Artur Vieira 51'), Paulo Sitanggang (Ferdiansyah 77'), Evan Dimas Darmono, Rizky Pora, Samsul Arif (Gavin Kwan Adsit 46'), Rafael Silva.