Diwarnai Lampu Padam, Tira Persikabo Gagalkan Kemenangan Persebaya

Pemain Persebaya, Rachmat Irianto
Sumber :
  • Instagram/@officialpersebaya

VIVA – Laga seru tersaji dalam lanjutan pertandingan Liga 1 2019, Persebaya Surabaya melawan Tira Persikabo di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu malam WIB, 21 Juli 2019.

Sejak peluit tanda dimulainya pertandingan dibunyikan, Tira Persikabo langsung menekan Persebaya, meski bertindak sebagai tamu.

Menit ke-4, Tira Persikabo sudah mendapatkan peluang. Mampu menusuk ke pertahanan Persebaya, Abduh Lestaluhu coba lepaskan tembakan jarak jauh. Namun, usahanya masih bisa diantisipasi oleh Miswar Saputra.

Persebaya coba merespons peluang dari Tira Persikabo. Pada menit 8, pergerakan Amido Balde membuat Angga Saputra harus berjibaku menyelematkan gawangnya.

10 menit kemudian, Tira Persikabo memperoleh peluang emas lewat gerakan eksplosif dari Wawan Febrianto. Sayang, sepakan kaki kirinya masih bisa diblok oleh dengan cekatan oleh kiper Persebaya.

Menit 22, Persebaya kembali mengancam gawang Tira Persikabo. Akan tetapi, usaha dari Amido Balde bisa diantisipasi dengan cermat oleh Andy Setyo.

Tira Persikabo coba cari kesempatan lewat permainan cepat. Menit 31, pergerakan cepat Ciro Alves hampir saja menggetarkan gawang Persebaya. Sayangnya, tembakan kaki kanan dari Ciro masih bisa diblok bek Persebaya.

Satu berselang, giliran Loris Arnaud yang membahayakan gawang Persebaya. Beruntung bagi Bajul Ijo, sundulan dari eks pemain Paris Saint-Germain ini masih melayang di atas gawang Miswar Saputra.

Pada menit 35, Persebaya mendapatkan kesempatan emas untuk membuka kran gol. Namun sayang, sundulan dari Amido Balde menerima Damian Lizio masih mengarah ke pelukan Angga Saputra.

Upaya Tira Persikabo untuk mencuri gol pembuka terus dilakukan dengan berbagai cara. Di menit 37, tendangan spekulasi dari Ciro Alves meluncur deras ke gawang Persebaya, tapi arahnya melenceng.

Pada menit 41, Tira Persikabo memiliki peluang. Akan tetapi, tendangan kaki kiri dari Wawan Febrianto masih jauh dari target.

Satu menit jelang turun minum, suporter tuan rumah bersorak setelah tendangan keras dari Rachmat Irianto meluncur mulus ke gawang Tira Persikabo.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, Persebaya mampu unggul tipis atas Tira Persikabo.

Selepas turun minum, Persebaya tak menurunkan tempo serangannya. Sedangkan, Tira Persikabo hanya tampil menunggu, sambil sesekali melancarkan serangan balik

Pada menit 50, Damian Lizio hampir saja menambah keunggulan bagi Persebaya. Sayangnya, sepakan kaki kanan dari Lizio masih menyamping di sisi kiri gawang Tira Persikabo.

Dua menit kemudian, Persebaya kembali mengancam Tira Persikabo. Sundulan Amido Balde gagal masuk ke gawang Angga Saputra karena hanya membentur tiang.

Di menit 64, Tira Persikabo akhirnya berhasil menyamakan kedudukan setelah umpan datar dari Ciro Alves berhasil disambut Wawan Febrianto dengan sepakan meluncur tepat masuk ke dalam gawang Persebaya.

Pada menit 68, lampu Stadion Gelora Bung Tomo sempat padam. Akan tetapi, kejadian tersebut tak berlangsung lama, 10 menit kemudian GBT kembali terang.

Setelah pertandingan dilanjutkan, kedua tim saling berbalas serangan. Namun, faktor stamina yang semakin terkuras membuat akurasi umpan dari kedua tim tidak begitu cermat.

Menit 83, Persebaya memiliki kesempatan untuk unggul. Sayangnya, tandukkan dari Amido Balde tidak tepat sasaran.

Dua menit kemudian, kerja sama Balde dan Lizio sempat membuat lini pertahanan Tira Persikabo ketar-ketir. Beruntung bagi Tira Persikabo, penyelesaian akhir dari pemain Persebaya belum membuahkan.

Di sisa waktu normal, jual-beli serangan tak bisa dihindari. Akan tetapi, upaya dari tuan rumah ataupun tim tamu belum ada yang bisa menjadi pembeda.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, Persebaya dan Tira Persikabo harus puas berbagi angka.

Bagi Tira Persikabo hasil ini membuat mereka mempertahankan rekor tak terkalahkan dari 10 pertandingan yang sudah dilakoni. Kini, Tira Persikabo berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 20 poin.

Sedangkan, bagi Persebaya, hasil imbang ini membuat mereka beranjak naik ke posisi 7 dengan raihan 13 poin.

Susunan pemain

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra (GK); Otavio Dutra, Mokhamad Syaifuddin, Abu Rizal Maulana, Ruben Karel Sanadi (Novan Setya Sasongko 81'), Rachmat Irianto, Muhammad Hidayat, Rendi Irwan (Osvaldo Haay 51'), Irfan Jaya (Manuchekhr Dzhalilov 73'), Damian Lizio, Amido Balde.

Tira Persikabo: Angga Saputra (GK); Andy Setyo, Khurshed Beknazarov, Rifad Marasabessy, Abduh Lestaluhu, Louise Essengue Parfait, Manahati Lestusen, Osas Saha, Ciro Alves, Wawan Febrianto (Guntur Triaji 84'), Loris Arnaud.