Bandung Bergolak, Persib Hadapi Ujian Berat di Si Jalak Harupat

Para pemain Persib Bandung merayakan gol
Sumber :
  • Instagram/@persib_official

VIVA – Indonesia, Persib Bandung kontra Bali United, dalam laga lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-11, Jumat  26 Juli 2019 WIB. Ada dua cerita berbeda antara kedua tim yang bakal bentrok ini. Salah satu yang menarik adalah, adanya perbedaan nasib yang diterima Persib dan Bali United.

Sebelum beranjak ke pembahasan yang lebih dalam, mari kita lihat posisi kedua tim di tabel klasemen. Bali United saat ini bercokol di urutan kedua klasemen dengan poin 19. Catatan itu hanya terpaut satu poin dari pemuncak klasemen, PS TIRA-Persikabo. Sementara itu, armada Pangeran Biru masih terdampar di peringkat sembilan dengan raihan 13 poin.

Meski tertinggal tiga poin dari Bali United, tak berarti Persib tak punya peluang untuk menang dalam pertandingan nanti. Sebaliknya, walaupun berstatus tim tamu, pasukan Stefano Cugurra Teco juga bukan tak mungkin mampu mempecundangi tuan rumah.

Perhitungan yang cukup realistis jika melihat tiga pertandingan terakhir kedua tim. Ya, hasil imbang melawan rival abadi, Persija Jakarta, membuat Persib seakan termotivasi untuk terus memperbaiki diri. Bagaimana tidak, Febri Hariyadi cs ternyata berhasil menyabet dua kemenangan setelah sukses menahan imbang Persija 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Persib sukses memetik poin penuh usai mengalahkan tim promosi, Kalteng Putra, dengan skor 2-0. Setelah itu, Persib berhasil pulang dengan hasil sempurna setelah bertandang ke markas PSIS Semarang dan menang 1-0.

Catatan positif Persib ternyata berbanding sedikit terbalik dengan Bali United. Ya, armada Serdadu Tridatu punya hasil yang menjadi bukti bahwa Fadil Sausu cs tak konsisten dalam tiga duel terakhir. Meski dihuni oleh sejumlah pemain bintang semisal Willian Pacheco, Ilija Spasojevic, Melvin Platje, dan Paulo Sergio, Bali United sempat menelan dua kekalahan beruntun.

Bali United takluk 0-1 dari Barito Putera, dan kalah lagi saat berhadapan dengan Persela Lamongan 0-2. Akan tetapi, dalam laga sebelumnya melawan PSS Sleman, Bali United berhasil menang 3-1. Pertanyaannya, bagimana hasil melawan Persib?

Misi Kudeta

Bukan perkara mudah menjungkalkan Persib di markasnya. Akan tetapi dengan misi mengkudeta TIRA-Persikabo dari puncak klasemen, motivasi Teco dan pasukannya jelas bakal tinggi. Meski meraih hasil tak konsisten dalam tiga laga terakhir, Bali United tetaplah armada yang dihuni para pemain bintang.

Persiapan singkat sepertinya memang jadi masalah bagi tim-tim di Liga 1. Pun dengan Bali United, yang diungkap Teco baru melakukan persiapan selama dua hari.

Dengan jadwal yang cukup padat, Teco dipaksa berpikir keras untuk bisa mengembalikan timnya ke jalur kemenangan. Selain itu, Teco juga menyeebut bahwa saat ini timnya tengah fokus untuk mengembalikan kondisi kebugaran para pemainnya.

"Kami memang hanya memiliki waktu yang singkat untuk persiapan menghadapi Persib Bandung. Kami juga hanya melakukan dua kali latihan sama seperti persiapan kami saat melawan Persela sebelumnya. Yang menjadi fokus kami saat ini adalah recovery pemain dengan jadwal yang cukup padat," ujar Teco dikutip Baliutd.com.

Soal peta kekuatan Persib, Teco tahu betul bahwa calon lawannya itu adalah salah satu tim raksasa Indonesia yang punya basis suporter besar di Indonesia. Akan tetapi, pelatih berpaspor Brasil ini tak gentar. Tak peduli dengan tekanan yang akan diberikan puluhan ribu suporter lawan, Teco tetap berharap bisa pulang dengan membawa poin penuh.

"Kita tahu Persib Bandung tim yang sangat bagus. Mereka merupakan sebuah tim yang memiliki sejarah panjang di sepak bola Indonesia. Kami harus kerja keras bila ingin meraih poin di pertandingan besok karena yang kami hadapi adalah tim yang berkualitas. Mudah-mudahan kami bisa bermain bagus besok," katanya.

Akan tetapi, pelatih berpaspor Brasil ini tak gentar. Tak peduli dengan tekanan yang akan diberikan puluhan ribu suporter lawan, Teco tetap berharap bisa pulang dengan membawa poin penuh.

"Kami tahu Persib Bandung tim yang sangat bagus. Mereka merupakan sebuah tim yang memiliki sejarah panjang di sepak bola Indonesia. Kami harus kerja keras bila ingin meraih poin di pertandingan besok karena yang kami hadapi adalah tim yang berkualitas. Mudah-mudahan kami bisa bermain bagus besok," katanya.

"Seperti saya bilang, Persib tim kuat, tim bagus. Mereka punya banyak pemain berkualitas seperti yang Anda bilang tadi. Besok mereka (Malisic dan Jupe) bisa main lawan kami. Saya pikir ini dua tim kuat. Tapi, kami pasti mau main bagus," ucapnya.

Persib On Fire

Tak terkalahkan dalam laga terakhirnya, jelas mendongkrak semangat Persib. Ezechiel Ndouassel cs diprediksi bakal tampil sangat beringas dalam pertandingan nanti. Kembalinya Malisic dan Jupe (panggilan Jufriyanto), jelas bakal membuat benteng pertahanan Persib semakin kokoh.

Faktor-faktor tadi dibenarkan oleh Robert. Secara tersirat, juru taktik asal Belanda ini mungkin ingin menyampaikan bahwa timnya memang sedikit terlambat panas dan butuh sebuah pematik. Apa yang dibutuhkan Persib ternyata berhasil didapat.

Kemenangan pertama musim ini yang diraih saat jumpa Kalteng Putra, ternyata benar mengangkat semangat Persib. Buktinya, hasil positif kembali lagi saat bertandang ke Stadion Moch. Soebroto, Magelang, markas PSIS.

Seperti halnya Bali United, Persib juga ingin menang. Persib jelas tak mau menelan malu di depan pendukungnya lagi. Apalagi andai mampu merebut kemenangan dalam laga nanti, Persib akan merangsek naik ke posisi lima besar. 

"Motivasi itu datang dari pemain setelah kami bermain dan bisa menang dalam dua laga terakhir. Dan akhirnya motivasi itu pun lahir dengan sendirinya," ujar Robert.

"Ketika pemain tahu mereka bisa terus mengangkat posisi tim di liga itu, otomatis itu akan memotivasinya. Jika kalian lihat dalam latihan, pemain dalam motivasi tinggi untuk naik ke papan atas liga, jadi itu memotivasi mereka dengan sendirinya," katanya.

Lalu, bagaimana dengan kekuatan Bali United dalam kacamata Robert? Eks pelatih PSM Makassar yakin, dengan kualitas pemain yang dimiliki kedua tim pertandingan bakal berjalan panas. Robert juga tahu, bahwa Bali United adalah salah satu calon kuat juara musim ini.

"Ini akan menjadi pertandingan yang menarik menurut opini saya. Bali (United) merupakan salah satu tim favorit juara untuk memenangkan lagi," ucap Robert.