Hujan Gol di Semifinal Piala Gubernur Jatim, Persebaya Hajar Arema

Para pemain Persebaya rayakan gol.
Sumber :
  • Instagram/@officialpersebaya

VIVA – Duel panas tersaji dalam laga semifinal Piala Gubernur Jatim 2020, yang mempertemukan Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Supriyadi, Blitar, Selasa sore, 18 Februari 2020. Melalui drama 6 gol, Persebaya sukses melaju mulus ke final.

Tampil tanpa penonton tidak membuat kedua tim bermain kurang greget. Arema FC dan Persebaya Surabaya langsung menggebrak sejak awal. 

Bahkan, Arema bisa unggul cepat saat laga baru berjalan 3 menit. Adalah Johan Alfarizi yang sukses menjebol gawang Rivky Mokodompit usai memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti Persebaya.

Kerasnya pertandingan ini mulai terjadi pada menit 19. Penyerang Arema, Jonathan Bauman diganjar kartu merah oleh wasit setelah menendang dengan sengaja pemain Arif Satriya.

Bermain dengan 10 pemain membuat Arema kehilangan determinasi. Pada menit 28, David da Silva sukses membawa Persebaya menyamakan kedudukan usai penetrasinya tak bisa dihentikan oleh barisan pertahanan Arema.

Jelang babak pertama berakhir, Persebaya sukses membalikkan kedudukan. Pemain pengganti Mahmoud Eid berhasil melesakkan gol ke gawang Arema, yang membuat skor menjadi 2-1 hingga peluit panjang tanda turun minum dibunyikan.

Selepas jeda, Persebaya semakin nyaman dalam membangun serangan. Sedangkan, Arema berusaha melakukan beberapa perubahan demi menyeimbangkan agresivitas dari Persebaya.

Pada menit 53, Persebaya berhasil memperlebar keunggulan. Belum genap satu menit berada di lapangan, Irfan Jaya sudah bisa menceploskan bola ke gawang Arema setelah tendangannya tak bisa diadang Kurniawan Kartika Ajie.

Persebaya semakin menggila. Pada menit 60, Bajul Ijo sukses mencetak gol keempat di pertandingan ini. Sundulan keras David da Silva berhasil melesat mulus ke dalam gawang Arema usai menerima umpan dari Irfan Jaya.

Arema akhir mampu mencetak gol hiburan pada menit 73. Elias Alderete yang berdiri bebas di area pertahanan berhasil menceploskan bola ke gawang Persebaya.

Dalam waktu yang tersisa, Arema masih berupaya mencari gol tambahan. Namun, hingga pertandingan berakhir, Persebaya sukses mengunci kemenangan 4-2 atas Arema.

Atas hasil ini, Persebaya akan menantang Persija Jakarta di laga final Piala Gubernur Jatim 2020. Persija lolos ke final usai mengalahkan Madura United, pada Senin 17 Februari 2020.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya: Rivky Mokodompit (GK); Abu Rizal Maulana, Arif Satriya, Rizky Ridho, Nasir, Hambali Tholib (Ricky Kambuaya 57'), Makan Konate, Muhammad Hidayat, Oktafianus Fernando (Irfan Jaya 52'), David da Silva, Muhammad Supriadi (Mahmoud Eid 30’)

Arema FC: Kurniawan Kartika Aji (GK); Vikrian Akbar (Kushedya Hari Yudo 54'), Johan Alfarizi, Nurdiansyah, Taufik Hidayat, Hanif Sjahbandi, Dave Mustaine, Oh Inkyun, Ridwan Tawainella (Dendi Santoso 46'), Jonathan Bauman, Elias Alderete

Lalu bagaimana prediksi penampilan Persebaya di Liga 1 musim 2020? Lihat dalam video di bawah.