Liverpool Pantau Messi dari Iran

Penyerang Zenit St Petersburg, Sardar Azmoun
Sumber :
  • Twitter/@EuropaLeague

VIVA – Kabar mengejutkan datang dari juara Liga Champions 2018/2019, Liverpool. The Anfield Gang dikabarkan tengah memantau peluang untuk mendatangkan bintang muda Zenit St Petersburg, Sardar Azmoun.

Jelang musim baru, pasukan Juergen Klopp belum mendatangkan satu pun pemain baru. Menurut kabar Soviet Sport, Liverpool tertarik untuk mendaratkan pemain yang berjuluk "Messi Iran" tersebut di Anfield.

Bukan cuma Liverpool yang kepincut performa eksplosif Azmoun. Sebelumnya, Wolverhampton Wanderers juga pernah mencoba memboyongnya saat Azmoun masih membela Rubin Kazan. Akan tetapi, Wolves mengurungkan niat lantaran nilai jual Azmoun dinilai terlalu tinggi.

Azmoun sebelumnya diboyong Zenit pertengahan musim lalu dengan durasi kontrak 3,5 tahun. Tak diketahui berapa dana yang dikeluarkan Zenit untuk memboyong bintang Timnas Iran ini. Namun menurut data Transfermarkt, saat ini nilai jual Azmoun hanya sebesar 15,3 juta Poundsterling, atau senilai dengan Rp269,4 miliar. 

Setengah musim membela Zenit, Azmoun mampu mencetak 14 gol dalam 17 penampilannya di semua ajang. Azmoun juga ikut mengantar pasukan Sergei Semak juara Russian Premier League 2018/2019.

Sebagian besar karier pemain kelahiran Gonbad-e Kavus, 1 Januari 1995 ini dihabiskan bersama klub-klub elite Rusia. Azmoun memulai petualangannya di Negeri Beruang merah bersama Rubin Kazan, setelah diboyong dari klub Iran, Sepahan musim 2012/2013.

Tiga musim membela Rubin Kazan, Azmoun sempat bermain untuk Rostov periode 2014 hingga 2017. Ia sempat kembali ke Rubin Kazan dan bermain dua musim lagi, sebelum pada akhirnya dipinang Zenit. Sembilan musim merumput di Rusia, Azmoun mampu mencetak 56 gol dalam 171 penampilannya di semua ajang.